ANALISIS KEGIATAN PROMOSI TERHADAP
TINGKAT HUNIAN KAMAR QUEST HOTEL SURABAYA PADA SEMESTER PERTAMA TAHUN 2016
UMI
RISMAWATI
017690703
S1
MANAJEMEN
ABSTRAK
ANALISIS
KEGIATAN PROMOSI TERHADAP TINGKAT HUNIAN KAMAR DI QUEST HOTEL SURABAYA PADA SEMESTER
PERTAMA TAHUN 2016
Oleh
: UMI RISMAWATI
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan promosi terhadap tingkat
hunian kamar Quest Hotel Surabaya pada semester pertama tahun 2016. Manfaat
yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah dapat mengetahui pengaruh kegiatan
promosi yang akan ditetapkan oleh Director Sales and Marketing terhadap tingkat
hunian kamar selama semester pertama tahun 2016. Metode yang akan digunakan
dalam penelitian yaitu deskriptif kuantitatif presentase. Populasinya adalah di
Surabaya dan sampelnya di Quest Hotel Surabaya. Subjek penelitian ini adalah
tamu Quest Hotel Surabaya baik dari segmen corporate, government, travel agent maupun
individual yang dipilih secara acak yang berjumlah 60 orang. Penelitian ini
menggunakan 2 macam variabel yaitu 1) variabel promosi (X) dan 2) variabel
tingkat hunian kamar (Y). pengumpulan data untuk variabel promosi dan tingkat
hunian kamar menggunakan metode angket dengan skala likert. Keabsahan data
diperoleh melalui uji validitas dan reablitas. Pengujian persyaratan analisis
menggunakan uji normatif, uji F, uji T dengan menggunakan software SPSS 20.00. hasil penelitian yang dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh yang positif dan signifikan atas kegiatan promosi pada suatu
hotel terhadap jumlah tamu yang menginap. Dengan kontribusi 96,9% sedangkan sisanya 3,1% dipengaruhi oleh
variabel lain.
Kata
kunci : Hotel,strategi, promosi, tingkat hunian kamar.
PENDAHULUAN
Pengertian hotel menurut Surat
Keputusan Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi No. KM 37/PW.340/MPPT-86
adalah sebagai berikut: Hotel adalah suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian
atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman
serta jasa penunjang lainnya bagi umum yang dikelola secara komersial. (Agus
Sulastiyono, 2007:3)
Pengertian
promosi (promotion) sebenarnya terdiri atas beberapa kegiatan yang terpisah,
tetapi secara keseluruhan lebih dikenal sebagai marketing communication. Yang
dimaksud dengan communication menurut Harold Lasswell adalah who says what to whom in which channel with
what effect.
Tingkat hunian
kamar menyatakan suatu keadaan sampai sejauh mana jumlah kamar terjual, jika
diperbandingkan dengan seluruh jumlah kamar yang mampu untuk dijual. Rasio occupancy merupakan tolak ukur
keberhasilan hotel dalam menjual produk utamanya, yaitu: kamar. Night auditor biasanya
mengumpulkan data-data dari “Room
Division” dan mengitung “occupancy
ratio”, sementara Assisten Director Sales and Marketing menganalisis
informasi ini untuk mengidentifikasi “trend”
(sesuatu yang sedang hangat berlangsung), “pattern”
(pola tamu) atau “problems” (masalah
yang dihadapi). Dalam analisis ini Assisten Director Sales and Marketing harus
memutuskan bagaimana suatu occupancy dapat memberikan efek bagi outlet lain.
Dengan
berkembang pesatnya hotel pada saat ini, persaingan hotel yang semakin kuat
baik dari segi pelayanan, fasilitas, dan harga kamar yang terjangkau. Demi
kepuasan yang diharapkan konsumen memacu hotel untuk memberikan pelayan yang
terbaik. Tingkat hunian di hotel tidak selalu dalam keadaan yang stabil, dengan
letak hotel di pusat kota perindustrian membuat room occupancy hotel pada hari kerja Senin sampai Jumat lebih
tinggi dibandingkan hari libur Sabtu dan Minggu.
Berangakat dari
kondisi diatas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan
promosi yang dilakukan oleh Department
Sales and Marketing terhadap tingkat hunaian kamar di Quest Hotel Surabaya.
Hasil penelitian dari Rusdiana Dwi Agustin (2011) dengan judul Pengaruh Biaya
Promosi Terhadap Tingkat Hunian Kamar Pada Hotel Grand Aloha Lumajang Jawa
Timur bahwa terdapat pengaruh signifikan atas biaya promosi dengan jumlah
hunian kamar serta terjadi peningkatan jumlah hunian kamar dari tahun 2007 ke
tahun 2011.
METODE
Metode
yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif presentase. Dengan populasi yang
diambil di Surabaya. Serta sampelnya di Quest Hotel Surabaya. Untuk
mengumpulkan informasi tentang analisis kegiatan promosi terhadap tingkat
hunian kamar, peneliti menggunakan metode kuisioner sebagai teknik pengumpulan
data.
·
Kuisioner dibagikan kepada 60 responden
tamu Quest Hotel Surabaya
Statistics
|
||||||
|
Nama Responden
|
Umur Responden dalam Tahun
|
Jenis Kelamin Responden
|
Segmentasi
|
Metode Pemesanan
|
|
N
|
Valid
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
Missing
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
·
Karakteristik profil responden
a.
Hasil deskripsi responden berdasarkan
usia
Umur Responden dalam Tahun
|
|||||
|
Frequency
|
Percent
|
Valid Percent
|
Cumulative Percent
|
|
Valid
|
19
|
1
|
1.7
|
1.7
|
1.7
|
20
|
6
|
10.0
|
10.0
|
11.7
|
|
21
|
7
|
11.7
|
11.7
|
23.3
|
|
22
|
7
|
11.7
|
11.7
|
35.0
|
|
23
|
5
|
8.3
|
8.3
|
43.3
|
|
24
|
1
|
1.7
|
1.7
|
45.0
|
|
25
|
8
|
13.3
|
13.3
|
58.3
|
|
26
|
2
|
3.3
|
3.3
|
61.7
|
|
27
|
3
|
5.0
|
5.0
|
66.7
|
|
28
|
4
|
6.7
|
6.7
|
73.3
|
|
29
|
5
|
8.3
|
8.3
|
81.7
|
|
30
|
2
|
3.3
|
3.3
|
85.0
|
|
31
|
1
|
1.7
|
1.7
|
86.7
|
|
32
|
2
|
3.3
|
3.3
|
90.0
|
|
34
|
1
|
1.7
|
1.7
|
91.7
|
|
36
|
1
|
1.7
|
1.7
|
93.3
|
|
38
|
1
|
1.7
|
1.7
|
95.0
|
|
45
|
3
|
5.0
|
5.0
|
100.0
|
|
Total
|
60
|
100.0
|
100.0
|
|
b.
Hasil deskripsi responden berdasarkan
jenis kelamin
Jenis Kelamin Responden
|
|||||
|
Frequency
|
Percent
|
Valid Percent
|
Cumulative Percent
|
|
Valid
|
laki-laki
|
42
|
70.0
|
70.0
|
70.0
|
perempuan
|
18
|
30.0
|
30.0
|
100.0
|
|
Total
|
60
|
100.0
|
100.0
|
|
c.
Hasil deskripsi responden berdasarkan
segmentasi
Segmentasi
|
|||||
|
Frequency
|
Percent
|
Valid Percent
|
Cumulative Percent
|
|
Valid
|
Coorporate
|
23
|
38.3
|
38.3
|
38.3
|
Goverment
|
17
|
28.3
|
28.3
|
66.7
|
|
Travel
|
20
|
33.3
|
33.3
|
100.0
|
|
Total
|
60
|
100.0
|
100.0
|
|
d.
Hasil deskripsi responden berdasarkan
metode pemesanan
Metode Pemesanan
|
|||||
|
Frequency
|
Percent
|
Valid Percent
|
Cumulative Percent
|
|
Valid
|
email
|
18
|
30.0
|
30.0
|
30.0
|
fax
|
12
|
20.0
|
20.0
|
50.0
|
|
internet
|
10
|
16.7
|
16.7
|
66.7
|
|
telepon
|
20
|
33.3
|
33.3
|
100.0
|
|
Total
|
60
|
100.0
|
100.0
|
|
Untuk pengujian hasil hipotesis
penelitian ini menggunakan Analisis regresi sederhana, analisis ini digunakan
untuk mengukur satu variabel (x) dan satu variabel bebas (y) dengan persamaan :
y = a + bx
kriteria peneriamaan dan penolakan
hipotesis jika:
a.
Thitung > Ttabel atau
signifikan < 0,05, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative
(Ha) diterima.
b.
Thitung < Ttabel atau
signifikan > 0,05, maka hipotesis nol (H0) diterima dan hipotesis alternatif
(Ha) ditolak.
Coefficientsa
|
|||||||
Model
|
Unstandardized Coefficients
|
Standardized Coefficients
|
t
|
Sig.
|
|||
B
|
Std. Error
|
Beta
|
|||||
1
|
(Constant)
|
326.605
|
198.068
|
|
1.649
|
.175
|
|
Promosi Jenis Promosi
|
.978
|
.088
|
.984
|
11.104
|
.000
|
||
a. Dependent Variable: Tingkat Hunian Kamar
|
Tabel coefficients diatas menunjukkan
persamaan regresi sebagai berikut:
y
= 326,605 + 0,978x
HASIL DAN
PEMBAHASAN
Penelitian
ini dilakukan di Quest Hotel Surabaya, subjek penelitian ini adalah tamu dari
segmen corporate, government, travel agent dan tamu individual di Quest Hotel
Surabaya yang dipilih secara acak sebanyak 120 orang. Dengan menggunakan
beberapa uji dari SPSS 20.00 dibawah:
1.
Uji
Validitas
Uji validitas yang digunakan adalah
person correlation lebih besar dari R kritis 0,3, jika R correlatinnya kurang
dari 0,3 maka akan dianggap gugur atau tidak dipakai.
a.
Uji validitas variabel X “jenis promosi”
No. Pertanyaan
|
R Hitung
|
Syarat
|
Keterangan
|
1
|
0,365
|
> 0,3
|
Valid
|
2
|
0,450
|
> 0,3
|
Valid
|
3
|
0,481
|
> 0,3
|
Valid
|
4
|
0,356
|
> 0,3
|
Valid
|
5
|
0,447
|
> 0,3
|
Valid
|
6
|
0,453
|
> 0,3
|
Valid
|
7
|
0,366
|
> 0,3
|
Valid
|
8
|
0,402
|
> 0,3
|
Valid
|
9
|
0,508
|
> 0,3
|
Valid
|
10
|
0,444
|
> 0,3
|
Valid
|
11
|
0,541
|
> 0,3
|
Valid
|
12
|
0,517
|
> 0,3
|
Valid
|
13
|
0,375
|
> 0,3
|
Valid
|
14
|
0,377
|
> 0,3
|
Valid
|
15
|
0,400
|
> 0,3
|
Valid
|
b.
Uji validitas variabel Y “tingkat hunian
kamar”
No. Pertanyaan
|
R Hitung
|
Syarat
|
Keterangan
|
1
|
0,739
|
> 0,3
|
Valid
|
2
|
0,648
|
> 0,3
|
Valid
|
3
|
0,727
|
> 0,3
|
Valid
|
4
|
0,763
|
> 0,3
|
Valid
|
5
|
0,783
|
> 0,3
|
Valid
|
6
|
0,716
|
> 0,3
|
Valid
|
7
|
0,815
|
> 0,3
|
Valid
|
8
|
0,796
|
> 0,3
|
Valid
|
9
|
0,757
|
> 0,3
|
Valid
|
10
|
0,739
|
> 0,3
|
Valid
|
11
|
0,731
|
> 0,3
|
Valid
|
12
|
0,689
|
> 0,3
|
Valid
|
13
|
0,613
|
> 0,3
|
Valid
|
14
|
0,542
|
> 0,3
|
Valid
|
15
|
0,355
|
> 0,3
|
Valid
|
2.
Uji
Reabilitas
a.
Uji Reabilitas pada variabel x “jenis
promosi”
Reliability Statistics
|
|
Cronbach's Alpha
|
N of Items
|
.928
|
21
|
b.
Uji Reabilitas pada variabel y “tingkat
hunian kamar”
Reliability Statistics
|
|
Cronbach's Alpha
|
N of Items
|
.942
|
21
|
Kriteria pengujian dilakukan dengan menggunakn
Cronbach Alpha. Suatu variabel dikatakan realibel jika memberikan nilai
Cronbach Alpha >0,60 (Nunnaly, 1967 dalam Ghozali, 2005:41 – 42). Maka
hasilnya :
No.
|
Variabel
|
Hasil Uji
|
Keterangan
|
1
|
Jenis Promosi
|
0,928 > 0,60
|
Realibel
|
2
|
Tingakt Hunian Kamar
|
0,942 > 0,60
|
Realibel
|
3.
Uji
Normatif
Dasar pengambilan keputusan dalam
uji normative adalah:
Jika nilai sig <0,05 tidak
normal
Tests of
Normality
|
|||||||
|
Market_Segment
|
Kolmogorov-Smirnova
|
Shapiro-Wilk
|
||||
|
Statistic
|
Df
|
Sig.
|
Statistic
|
df
|
Sig.
|
|
Occupancy
|
Corporate
|
.138
|
6
|
.200*
|
.977
|
6
|
.937
|
Goverment
|
.316
|
6
|
.062
|
.887
|
6
|
.303
|
|
Travel Agent
|
.130
|
6
|
.200*
|
.996
|
6
|
.998
|
|
FIT
|
.188
|
6
|
.200*
|
.903
|
6
|
.393
|
|
*. This is a lower bound of the
true significance.
|
|||||||
a. Lilliefors Significance
Correction
|
Berdasarkan output Test of
Normality, diperoleh nilai signifikansi untuk Corporate sebesar 0,937, untuk
Government sebesar 0,303, untuk Travel Agent sebesar 0,998, sedangkan untuk FIT
sebesar 0,393. Karena nilai signifikansi dari Corporate, Government, Travel
Agent, dan FIT lebih besar > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data tingkat
hunian kamar adalah normal.
Uji
F (Simultan)
Model
Summary
|
||||
Model
|
R
|
R Square
|
Adjusted R Square
|
Std. Error of the Estimate
|
1
|
.984a
|
.969
|
.961
|
74.098
|
a. Predictors: (Constant), Promosi Jenis Promosi
|
0,984 merupakan persentase pengaruh
variabel bebas terhadap variabel terikat yang disebut koefisien determinasi
yang merupakan hasil pengkuadratan R. Dari output tersebut diperoleh koefisien
determinasi 0,969 yang mengendung pengertian bahwa pengaruh variabel kegiatan
promosi (x) terhadap variabel penetapan harga kamar (y) adalag sebesar 96,9%
sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
Uji
T (Parsial)
Coefficientsa
|
|||||||
Model
|
Unstandardized Coefficients
|
Standardized Coefficients
|
t
|
Sig.
|
|||
B
|
Std. Error
|
Beta
|
|||||
1
|
(Constant)
|
326.605
|
198.068
|
|
1.649
|
.175
|
|
Promosi Jenis Promosi
|
.978
|
.088
|
.984
|
11.104
|
.000
|
||
a. Dependent Variable: Tingkat Hunian Kamar
|
Nilai t hitung 1,649 > 0,05 dan 11,104
> 0,05
A.
Kegiatan Promosi
Quest Hotel
Surabaya merupakan salah satu hotel bintang tiga yang berada dibawah Brand
Archipelago International yang lebih dikenal dengan nama Aston, berlokasi di
pusat kota Surabaya. Dengan lokasi yang berada di kawasan pusat kota Surabaya
dimana banyak perusahaan dan kantor pusat pemerintahan yang berdiri dekat
dengan hotel, menjadikan Quest Hotel Surabaya sebagai Business Hotel. Tingkat
hunian kamar di Quest Hotel Surabaya rata-rata lebih tinggi pada hari kerja (weekday) dibandingkan pada hari libur (weekend).
Sales
Marketing Department merupakan departemen yang bertanggung jawab atas penjualan dan
promosi dari sebuah hotel melalui personal
selling, direct marketing, dan
sales promotion. Dalam
pelaksanaannya, Sales Department
dikepalai oleh seorang Assistant
Director Of Sales, Asst. Sales Manager, Asst. Banquet Sales Manager, 2 orang
Sales Executive
dan Sales Admin.
Asst.
Director of Sales
|
Sales
Executive
|
Graphic
Designer
|
Public
Relation
|
Asst.
Sales Manager
|
Sales
Admin
|
Gambar A.1 Struktur
Organisasi
Kegiatan promosi yang dilakukan
oleh sales department Quest Hotel
Surabaya pada semester pertama tahun 2016, yaitu:
1.
Personal
Selling
Mengadakan
kunjungan kepada perusahaan, perkantoran, dan perbankan. Untuk hal ini sales marketing melakukan kunjungan atau
sales call ke empat sampai lima
perusahaan setiap harinya yang dilakukan pada hari efektif senin sampai jumat
dengan tujuan untuk mempererat kerjasama perusahaan dan menjaring perusahaan-perusahaan
baru yang potensial yang dapat meningkatkan calon pembeli maupun pelanggan
baru. Ketika berkunjung ke sebuah instansi atau perusahaan negeri maupun swasta
yang dituju pihak sales marketing meninggalkan
brosur di perusahaan tersebut, sehingga perusahaan tersebut diharapkan
mengetahui produk yang ada di Quest Hotel Surabaya dan tertarik untuk
menggunakan fasilitas di Quest Hotel Surabaya.
2.
Advertising
Quest Hotel
Surabaya bekerjasama
dengan Online Reservation dengan The Booking button, Booking.com, Agoda,
Traveloka, Tiket.com, Expedia dan lain lain. Dengan tujuan produk dapat
dilihat, dikenal seluruh dunia yang dapat diakses melalui internet.
Mempromosikan melalui media elektronik, media sosial yang dimiliki Quest
Hotel Surabaya seperti facebook, path, instagram, twitter. Direct mail langsung kepada pelanggan
yang dianggap potensial dengan menggunakan customer
data base. Dengan upaya-upaya promosi yang dilakukan bertujuan supaya semua
lapisan masyarakat mengetahui dan tertarik untuk menikmati produk kamar yang
ada di Quest
Hotel Surabaya yang tentunya
mempunyai diferensiasi produk yang berbeda dengan hotel lain.
3.
Sales Promotion
Quest Hotel Surabaya melakukan kegiatan sales blitz dengan membagikan brosur ke
masyarakat untuk mengenalkan suatu produk yang baru dan yang dilaksanakan pada
waktu-waktu tertentu. Kegiatan ini dilakukan seperti pergantian tahun, Natal,
Lebaran atau hari libur lainnya, seperti tarif akhir pekan. Pada saat ini Quest
Hotel Surabaya memiliki promo weekend
deal yang berlaku mulai hari jumat-minggu dan public holiday dengan memberikan special price berbeda dengan hari biasa. Dengan promo weekend deal diharapkan dapat
meningkatkan room occupancy pada
akhir pekan.
B.
Tingkat Hunian Kamar Semester Pert
B.
ama
Tahun 2016
Bulan
|
Superior Room
|
Deluxe Room
|
Suite Room
|
Executive Suite
|
Month to Date
|
Januari
|
1045
|
976
|
230
|
48
|
2299
|
Februari
|
1385
|
990
|
216
|
39
|
2630
|
Maret
|
1112
|
993
|
234
|
56
|
2395
|
April
|
1567
|
973
|
265
|
44
|
2849
|
Mei
|
1674
|
962
|
237
|
38
|
2911
|
Juni
|
1002
|
632
|
253
|
30
|
1917
|
Total
|
7785
|
5526
|
1435
|
255
|
15001
|
Rata
Rata
|
1297.5
|
921
|
239.167
|
42.5
|
2500.167
|
*Data
primer diolah 2016
Hasil pengolahan
data deskriptif pada penelitian Analisis Kegiatan Promosi Terhadap Tingkat
Hunian Kamar terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel bebas
kegiatan promosi (X) terhadap variabel terikat tingakat hunian kamar (Y).
Besarnya pengaruh tergolong sangat tinggi yaitu 96% sedangkan sisanya
dipengaruhi oleh variabel lain. Besarnya pengaruh tersebut menunjukkan bahwa
kegiatan promosi merupakan salah satu faktor terpenting dalam menarik konsumen
untuk menginap.
Dari tabel
diatas dapat dilihat bahwa tingakat hunian kamar rata-rata mengalami kenaikan.
Meskipun pada bulan juni telah dilakukan berbagai promosi baik dengan melakukan
sales call keperusahaan yang potensial untuk mempererat hubungan bisnis dengan
perusahaan yang telah bekerjasama sebelumnya maupun dengan memberiakn promo
khusus seperti weekend rate namun
pada bulan juni mengalami penurunan tingkat hunian dikarenakan banyak hotel
competitor yang telah beroperasi petengahan tahun 2016 seperti Amaris Margorejo
Surabaya meskipun jaraknya tidak terlalu dekat namun mengurangi city occupancy di Surabaya.
SIMPULAN
Berdasarkan
hasil temuan penelitian Analisis Kegiatan Promosi Terhadap Tingkat Hunian Kamar
pada Quest Hotel Surabaya. Dengan pengumpulan data untuk variabel kegaiatan
promosi dan tingkat hunian kamar menggunakan metode angket dengan skala likert
terhadap 60 tamu Quest Hotel Surabaya. Keabsahan data diperoleh melalui uji
normative, uji F, uji T dengan menggunakan software
SPSS 20.00. Dari hasil temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan
promosi sangat berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat hunian kamar
Quest Hotel Surabaya. Dengan pengaruh yang cukup tinggi yakni 96,9% dan sisanya
dipengaruhi oleh variabel lain.
Dari
tabel diatas dapat dilihat bahwa tingakat hunian kamar rata-rata mengalami
kenaikan. Meskipun pada bulan juni telah dilakukan berbagai promosi baik dengan
sales call, maupun advertising namun pada bulan juni mengalami penurunan
tingkat hunian dikarenakan banyak hotel competitor yang telah beroperasi
petengahan tahun 2016. Berdasarkan observasi di lapangan dan data sekunder,
kegiatan promosi tersebut harus berkesinambungan karena kondisi tidak dapat
dipastikan kadang naik kadang turun seperti terlihat pada periode bulan Januari
sampai bulan Juni 2016.
SARAN
Berdasarkan
hasil analisis dapat dikemukakan saran yang sekiranya dapat membantu dan
bermanfaat bagi Quest Hotel Surabaya. Sebagai hotel bintang tiga di Surabaya
diharapkan kedepannya mampu memberikan pelayanan yang terbaik untuk para tamu.
Untuk Quest Hotel Surabaya team sales
marketing agar selalu menjaga kerjasama yang baik dengan perusahaan,
instansi, yang sudah menjadi pelanggan. Tetap memberikan penawaran-penawaran
spesial, pelayanan yang terbaik bagi semua tamu agar tamu lebih loyal dengan
Quest Hotel Surabaya. Bisa menerapkan personal selling kepada setiap karyawan di hotel yang diharapkan dapat mewujudkan sikap guest oriented atau sikap selling minded dengan cara memberikan
training product knowledge setiap sebulan sekali agar selalu update
tentang promosi apa saja yang sedang dimiliki.
DAFTAR
PUSTAKA
Surat
Keputusan Menteri No. 37, tahun 1986. tentang Pengertian Hotel. Jakarta : Kementraian Pariwisata.
Rizky
Mukhammad Fakhru, 2014.Pengaruh Promosi
Dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia. Jurnal
Manajemen Dan Bisnis Vol.14 Nomor 02, Edisi Oktober 2014.
Ayu Suci
Ningtyas, 2015. Anilisis Penetapan Harga
Jual Terhadap Tingkat Hunian Kamar Hotel Bonero Residence Bojonegoro Pada Tahun
2014. Edisi Oktober 2015.
Reni
Nurhidayah, 2016. Kegiatan Promosi Room
di The Alana Hotel Surabaya. Edisi Maret 2016.
Swastha,
Basu D.H dan Irawan. (2000). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty.
No comments:
Post a Comment