Thursday 14 May 2015

Peluang Bisnis Kerajinan Flanel

     Flanel merupakan jenis kain yang dibuat dari serat wol, tanpa tenun. Proses pembuatan kain flanel disebut juga dengan wet felting, yaitu proses penguapan sehingga menghasilkan jenis kain flanel / felt yang beragam tekstur dan jenisnya, tergantung campuran bahan pembuatnya. Seiring dengan berjalannya waktu, flanel semakin dikenal banyak orang terutama kalanagan perajin aksesori. Salah satu hal yang menarik dari kain flanel adalah warnanya yang beragam dan lengkap, selain tekstur yang lembut.
    Flanel digunakan untuk membuat kerajinan tangan atau handicraft. Aneka kerajinan tangan dari flanel bisa bermacam – macam, antara lain gantungan kunci, gantungan hp, tempelan kulkas, bross krudung ,jepitan rambut, kalung, bando dsb. Untuk mendapatkan kain flanel ada di toko-toko perlengkapan jahit. Yang menarik dari kain flanel, menurut saya adalah warnanya yang bermacam-macam dan lembut. Dan, karena lembut itu, kain flanel aman bagi anak-anak apabila dibuat menjadi mainan.

Bahan – bahan yang perlu dipersiapkan dalam membuat kerajinan flanel:

  1.  Persiapkan bahan dan alat yang akan digunakan, seperti kain flanel beraneka warna, kapas atau dakron untuk isian, jarum jahit, gunting kain dan gunting kertas, lem uhu dan lem tembak.
  2.  Buatlah pola kreasi yang diinginkan dengan dengan kertas karton, dan gunting. Kemudian pindahkan pola tersebut pada kain flanel  dengan menggunakan pensil,pulpen atau kapur  jahit.
  3. Gunakan kain flanel yang bersih dan tidak ada bekas lipatan, apabila kain flanel membekas lipatan setrikalah dengan suhu yang tidak terlalu panas dan hati".
  4. Apabila berkreasi dengan menggunakan ritsleting  pada kain flanel , supaya  lebih mudah menjahitnya jelujurlah  dahulu atau rekatkan dengan lem atau bisa juga dengan jarum pentul.
  5. Gunakan benang jahit untuk menjahit kain flanel, sesuaikan warna benang dengan warna kain flanel.
  6. Ada beberapa tehnik tusuk jahit dan tusuk hias , diantaranya tusuk festoon, tikam jejak, jeruji, dan tusuk pipih. Yang paling sering digunakan adalah tusuk feston. Selain memperindah bentuk kreasi yang dihasilkan, tusuk feston berguna untuk merapikan pinggiran kain flanel, menggabungkan dua lembar kain yang memiliki bentuk dan ukuran sama, serta untuk menjahit ritsleting pada kain .
  7. Setelah kreasi selesai, rapikanlah serat-serat flanel pada pinggir jahitan menggunakan gunting.
          Selama ini kita mengenal sandal jepit dengan desain yang  itu – itu  saja,sehingga saya berinisiatif membuat  inovasi baru, desain baru, dan warna yang unyu – unyu. Sasaran konsumen pada segmen ini adalah anak-anak dan remaja putri. Karna memang kreasi flanel ini identik dengan perempuan. Sandal Flanel atau Sandal boneka yang saya buat memiliki kualitas yang baik karena di kerjakan dengan teliti, dan dengan bahan yang berkualitas. Model bisa sesuai pesanan dari segi warna dan boneka hiasannya.













Selain produk sendal, saya juga membuat boneka flanel yang tentunya dapat di pesan sesuai dengan bentuk sesuai yang diinginkan oleh konsumen saya.

 


 








           Untuk memulai bisnis ini tidak memerlukan modal yang terlalu banyak, sehingga sangat cocok sebagai bisnis untuk para ibu rumah tangga maupun mahasiswa seperti saya, cukup dengan modal awal kurang lebih Rp.200.000 kita sudah bisa memulai bisnis ini. Dengan rincian biaya sebagai berikut:
No.
Item
Quantity
Price
1
Flanel coklat tua
50 cm
Rp. 11.000
2
Flanel coklat muda
50 cm
Rp. 11.000
3
Flanel putih
50 cm
Rp. 11.000
4
Flanel pink
50 cm
Rp. 11.000
5
Flanel merah
50 cm
Rp. 11.000
6
Flanel biru
50 cm
Rp. 11.000
7
Dakron
½ kg
Rp. 45.000
8
Lem lilin
¼ lusin
Rp. 6.000
9
Benang + jarum
½ lusin
Rp. 15.000
10
Peniti besar
1 lusin
Rp. 7.000
11
Karet rambut
10 buah
Rp. 8.000





Total

Rp. 147.000

Dengan modal awal seperti yang tertera diatas kita dapat mencari berapa harga yang akan kita jual dengan keuntungan yang di inginkan misal 20%, maka dapat kita cari dengan cara seperti dibawah ini:
1.    Fixed Cost                        :
a.    Tenaga                        Rp. 50.000

2.    Variabel Cost       :
a.    Modal                           Rp. 147.000

3.    Dengan asumsi bahwa per 50cm flanel dapat menghasilkan 27 buah gantungan kunci, bross, ataupun asesoris lainnya. Maka dengan 6 jenis warna flanel yang kita punya tadi, kita biasa membuat 81 buah gantungan kunci / bross depan belakang. Maka dapat kita cari biaya per unit dari bross atau gantungan yang kita buat tadi dengan cara:
Total cost                           Rp.   50.000
                                           Rp. 147.000
                                           Rp.197.000
 Biaya per unit                    Rp. 197.000 / 81
 Kurang lebih                   = Rp. 2400

Maka dengan mark up 20% dari harga per unit 20% X 2400 = 480

Maka harga jual kita adalah 2400 + 480 = 2.880 per buah.

Untuk mencari tatal keuntungan dapat menggunakan cara :

Total penjualan                          =  2.880 X 81

                                                  =  233.280


Laba bersih                               =  233.280 – 197.000

                                   =  36.280

No comments:

Post a Comment