Tuesday 26 January 2016

Pengalaman Interview Crew Restorasi PT. Reska Multi Usaha Area Surabaya

Company Profile PT. Reska Multi Usaha
PT Reska Multi Usaha atau disebut Reska, merupakan salah satu anak perusahaan PT. Kereta Api Indonesia (persero) yang berdiri pada 2003, mempunyai tujuan melaksanakan dan menunjang kebijakan dan program PT Kereta Api Indonesia (persero) selaku perusahaan induk khususnya usaha restoran kereta api serta usaha lainnya. Bidang usaha pelayanan diatas kereta api meliputi, service on train (SOT), perparkiran, restorasi, Loko Cafe, Loko Kiosk, dan Cathering.
Awal mula hadirnya PT Reska Multi Usaha, dimulai dari perjalanan sang induk PT Kereta Api Indonesia (persero) mengalami berbagai perubahan dan perbaikan baik dalam status perusahaan maupun kegiatan operasional selama 67 tahun keberadaannya di Indonesia.
Kehadiran kereta api ditandai dengan pembangunan jalan kereta api dari Kemijen menuju Desa Tanggung di Semarang sepanjang 26 km yang dipimpin oleh Ir. J.P de Bordes, pada 17 Juni 1864. Pada saat itu perusahaan kereta api masih bernama Naamloozeb Venootschap NederlandschIndische Spoorweg Maatschappij (NV. NISM). Hingga akhirnya setelah kemerdekaan Indonesia diproklamirkan pada 17 Agustus 1945, karyawan keretaapi yang tergabung dalam Angkatan Muda Kereta Api dari tangan Jepang. Peristiwa tersebut terjadi pada 28 September 1945, yang kemudian dijadikan sebagai hari Kereta Api Indonesia. Pada tanggal ini dibentuk pula Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI). Sejak saat itu lah perusahaan perkereta apian Indonesia mengalami berbagai perubahaan status perusahaan.
Pada kurun waktu tahun 1971-1991 perusahaan kereta api Indonesia bernama PJKA (Perusahaan Jawatan Kereta Api). Kemudian pada tahun 1991-1998 status perusahaan berubah kembali menjadi Perumka (Perusahaan Jawatan Kereta Api). Hingga akhirnya pada tahun 2010 sampai sekarang status perusahaan kereta api berubah menjadi PT. KeretaApi Indonesia (persero) atau yang biasa disebut dengan PT KAI.
Hingga tahun 2012, jumlah karyawan PT KAI berjumlah 27.030 orang. Sejalan dengan tuntutan pemenuhan kebutuhan bagi para pengguna jasa kereta api dari tahun ketahun, PT. KAI pun semakin mengembangkan usahanya. Kini PT. KAI memiliki enam anak perusahaan yang bergerak dalam berbagai sector usaha untuk mendukung bisnis perusahaan induk. Keenam anak perusaha anter sebut yakni PT KAI Commuter Jabodetabek, PT Reska Multi Usaha, PT KAI Pariwisata, dan Property Management.

Pengalaman Interview Crew Restorasi PT. Reska Multi Usaha Area Surabaya

Oke guys sesuai janji saaya sebelumnya kalo mau berbagi info mengenai interview di PT. Reska Multi Usaha, kebetulan kan bulan Desember 2015 ada interview untuk Crew Restorasi. Di hari yang sama yaitu 1 Desember 2015 untuk area Surabaya ada 2 gelombang. Gelombang pertama yaitu pukul 09.00 WIB dan gelombang kedua pukul 11.00 WIB. Kebetulan aku dapet yang gelombang pertama, dan pukul 08.00 itu udah ada yang dateng, ada sekitar 5 orang, lupa namanya siapa aja tapi mereka dari area Surabaya sendiri jadi wajar lah kalo mereka nyampe duluan. Okeh sekitar jam 8 aku nyampe sana aku pikir yang 5 orang tadi dapet jadwal jam 7 dan ternyata mereka juga dapet jadwal jam 9.
Oke lanjut prosesnya sebelum interview kita diruruh ngisi form data diri kita. Isian formnya sih standar ya kyak form form kalo kita ngelamar kerja ditempat tempat lain. Ada nama sudah pasti, alamat nomor telepon, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, nama ayah, ibu, saudara, riwayat penyakit yang pernah diderita dan lain lain.
Setelah ngisi orm tersebut kita diminta untuk mengisi daftar hadir. Dan kita diminta untuk mengunggu giliran untuk real interview HRD.
Kebetulan aku dapet giliran ke lima kalo aku nggak salah inget. oke waktu giliran pun tiba. Memasuki ruangan tinggi dan berat badan kita akan di ukur dulu guys. Kalo nggak memenuhi kulifikasi ya langsung disuruh pulang. FYI, didalem ruang interview itu ada 2 orang dari pihak Reska yang menginterview guys, tapi tenang aja bukan dengan ke dua duanya kok. yang satunya itu interview kandidat lain. jadi ya untung untungan kita dapet orang yang mana. Soalnya nih guys tipe pertama dia menanyakan secara detail mengenai gambaran pekerjaan petugas crew restorasi jika kita diterima dan tipe yang kedua dia justru yang menjelaskan detail gambaran pekerjaan Crew Restorasi. Nah guys kebayangkan enaknya kalo dapet yang tipe yang kedua. Sialnya aku dapet yang pertama guys >_< memang belum rejeki kali ya.
Pertama yang beliau tanyakan adalah nama sudah pasti, tinggal dimana, trus punya pengalaman kerja apa aja dan menjelaskan tugas pokok pekerjaan kita saat ini. Kenapa tertarik untuk bergabung dengan perusahaanya tersebut. dannn ditanya apa apa itu Restorasi, gambaran pokok tugas dan tanggung jawab dari crew restorasi, macam macam hidangan Indonesia itu apa saja, menu Indonesia itu ciri khas nya apa saja, pengertian garnish itu apa, serta apa macam macam garnish untuk masakan Indonesia.
Itu sih guys yang aku inget mengenai pertanyaan apa saja yang akan ditanyakan kepada kita saat interview di PT. Reska Multi Usaha. Untuk next pos akan saya bagikan pengalaman interview di PT. KAI sebagai petugas tiket atau ticketing PT. KAI.

Semoga bermanfaat ya guys buat kalian yang akan menghadapi interview PT. Reska Multi Usaha.
Kalo ada yang ingin ditanyakan silahkan mengisi kolom komentar, yang pasti dengan senang hati akan saya jawab :)
Terimakasih telah membaca.

22 comments:

  1. Assalamualaikum
    Selamat siang
    maaf mau tanya anda pas interview di pt reksa itu pertanyaan nya mendetail kah? Trus anda ketrima tidak
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam.
      hai makasih pertanyaanya, untuk pertanyaan interview ya standar sih. lebih ke food and beverage.
      kebetulan saya dapet kerja di hotel. mungkin bukan jodoh saya kerja di kereta api.

      Delete
    2. Mau tau sedikut gambaran, tugas packing itu apa ya

      Delete
  2. Hay mau nanya kalu boleh tau saat mengikuti interview wkt itu memakai hijab atau tidak ya??kalau bleh tau harus memakai baju seperti apa pada saat wawancara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, makasih pertanyaanya. kalo pake jilbab pas interview sih sah sah saja, asalkan bajunya yang lebih formal ya hijabnya. kalo bias ya putih hitam.

      Delete
  3. Hay mau nanya kalu boleh tau saat mengikuti interview wkt itu memakai hijab atau tidak ya??kalau bleh tau harus memakai baju seperti apa pada saat wawancara

    ReplyDelete
  4. Ada periksa gigi ga ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo periksa gigi kayaknya nggak perlu. mungkin tes kesehatan aja

      Delete
    2. Ka umi apakah nilai UN satu per satunya sangat jadi bahan pertimbangan?

      Delete
    3. hallo kak. mau tanya ya hehe. pas dulu kakak dapet panggilan interview itu durasi berapa lama setelah melamar ya? dan dihungi melalui apa?

      Delete
  5. Itu interviewnya sehari aja kak?
    Minta sarannya soalnya aku dari semarang dapet email interviewnya di surabaya kan jauh banget. Sarannya kalo yg dari luar kota itu gmana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak, ada interview di Surabaya tanggal 13 september bukan?

      Delete
    2. Cz aku juga interview di Surabaya

      Delete
  6. Iya sama saya juga tgl 13 interview di surabaya

    ReplyDelete
  7. iya sama saya juga dapet panggilan ke surabaya, dicoba aja dulu kalo emng rejeki yah alhamdulillah , saya daru jakarta malah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saya dari bekasi malah, dapet interview tanggal berapa?

      Delete
    2. sama saya juga dari bekasi interview hari kamis bisa minta kontak'a x aja bisa bareng.

      Delete
    3. saya interview nya hari jumat kok pada hari kamis ya

      Delete
  8. iya sama saya juga dapet panggilan ke surabaya, dicoba aja dulu kalo emng rejeki yah alhamdulillah , saya daru jakarta malah

    ReplyDelete
  9. Mau tanya. Untuk bagian crew operasional itu tugasnya ngapain aja ya?

    ReplyDelete
  10. Mw tanya untuk parkiran itu biasanya pertanyaan nya apa saja yh

    ReplyDelete