Saturday 16 January 2016

Peristiwa ledakan bom di Sarinah, Thamrin, Jakarta, memunculkan tanda pagar (tagar) #KamiNaksir, setelah sempat bertebaran tagar #PrayForJakarta, #KamiTidakTakut, dan #SaveCheckJKT. Gambar kreatif (meme) bertagar #KamiNaksir ini mampu menggeser tagar yang lain, lantaran membahas soal sosok polisi ganteng dalam penyergapan pelaku terduga teror di Sarinah.

Usut punya usut, polisi ganteng yang menghebohkan publik di dunia maya (netizen) ini bernama Rino Soedarjo. Melalui tagar #KamiNaksir, foto Rino ketika beraksi di peristiwa ledakan bom Sarinah Thamrin menjadi materi meme di social media (socmed), sejak Kamis (14/1/2016) petang.

Terpantau, pembicaraan mengenai polisi ganteng ini masih menjadi Trending Topic Indonesia (TTI) hingga Jumat (15/1/2016) pagi.


“Ya ampun polisi ganteng masih aja ada di tti. Cuma di indo lho ada bom fokus polisi ganteng, ada bom malah ditonton. Cocok #kamitidaktakut,” tulis @Mheidaselv menyambungkan fenomena polisi ganteng ini dengan tagar melawan takut terorisme #KamiTidakTakut.
Ada pula netizen yang berpendapat, isu teror bom sukses tergusur oleh sosok polisi ganteng.

“Kemarin pada heboh pengalihan isu ya? Udah terbukti nih isunya emang beralih. Dari teror bom ke teror polisi ganteng yg bikin #KamiNaksir,” tulis @astiputri_alfa.

“Lha..dr #KamiTidakTakut jd #KamiNaksir gara2 ada polisi ganteng ini. @Asri_Welas @St_agustaf @Delta_FM,” tulis @feb_by_.
“Negara mana yg abis kena terror tapi timeline socmed malah rame nyariin polisi ganteng yang pake sepatu Adidas Camo? #gagalteror #kaminaksir,” tulis @nadiazein, menganggap teror bom untuk warga Indonesia gagal karena nyatanya, publik lebih tertarik mencari tahu identitas polisi tampan tersebut daripada menenggelamkan diri dalam ketakutan.

Sementara itu, akun @RedZzdeLady mengunggah meme, yang menggambarkan pelaku teror bom Sarinah Thamrin merasa misinya gagal, karena kepopuleran polisi ganteng dan keberanian penjual satai, kacang, serta rujak yang tak berhenti menjajakan dagangannya di tengah keriuhan isu teror.

“Ini kok lucu :”))) gara-gara polisi ganteng, tukang sate, tukang kacang, tukang rujak,” tulis @RedZzdeLady.
Ledakan bom di Sarinah, Thamrin, Jakarta, terjadi pada Kamis, sekitar pukul 10.40 WIB. Insiden ledakan bom ini diiringi pula dengan kejadian baku tembak di Palmerah. Tragedi tersebut dikaitkan dengan aksi teror ISIS. Sehubungan dengan itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau publik untuk tak takut terhadap terorisme. Warga Indonesia pun menolak takut dengan beramai-ramai menggaungkan tagar #KamiTidakTakut hingga #KamiNaksir.

No comments:

Post a Comment