Monday 4 January 2016

Tugas 1 Manajemen Kinerja

Manajemen Kinerja adalah proses mengonsolidasikan penetapan tujuan, penilaian, dan pengembangan kinerja ke dalam satu sistem tunggal bersama, yang bertujuan memastikan kinerja karyawan mendukung tujuan strategis perusahaan.
1. Jelaskan mengapa system manajemen kinerja itu sangat penting bagi suatu   organisasi/perusahaan.
2. Keterbatasan manajemen kinerja adalah keterbatasan system pengukuran kinerja financial yang belum mampu mengakomodasi tuntutan persaingan. Jelaskan maksud pernyataan diatas.
3. Pengukuran kinerja hanya dapat dilakukan terhadap kinerja yang nyata dan terukur. Kemukakan pendapat saudara mengenai hal ini.
4. Mengapa mekanisme perancangan system manajemen kinerja berupa interaksi antar tahap bukan linier (lurus)?
5. Strategi perusahaan ialah pola atau rencana yang mengintegrasikan tujuan utama atau kebijakan dengan rangkaian tindakan dalam sebuah pernyataan yang saling mengikat. Apa maksudnya?

Jawaban:
1.      Sistem manajemen kinerja sangat penting bagi sebuah perusahaan karena dengan manajemen kinerja kita dapat mengukur kinerja para karyawan kita. Apakah sudah sesuai dengan standart yang telah kita tetapkan atau belum. Jika belum maka personalia harus melakukan analisis, hal apa yang menyebabkan kinerja karyawannya tidak sesuai dengan yang kita harapkan.
2.      Keterbatasan manajemen kinerja adalah keterbatasan sistem pengukuran kinerja finansial yang belum mampu mengakomodasi tuntutan persaingan ini artinya adalah dalam manajemen kinerja kita belum bisa mengukur kinerja secara finansial dikarenakan ukuran finansial antar perusahaan satu dengan perusahaan lain adalah berbeda atau bisa dikatan relatif.
3.      Pengukuran kinerja hanya dapat dilakukan terhadap kinerja yang nyata dan terukur, yang dimaksud disini adalah hanya kinerja para karyawan yang sesuai maupun yang tidak sesuai dengan SOP, Job Description yang dapat dikatakan dapat diukur. Sementara kinerja yang tidak dapat diukur adalah sistem pengukuran kinerja finansial
4.      menurut saya mekanisme perancangan manajemen kinerja yaitu berupa interaksi antar tahap dimana dalam hal ini adalah antara manajer, supervisor, serta karyawan pelaksana. dalam perancangannya harus ada interaksi / komunikasi anatara ketiga bagian tersebut. 
ada menurut saya ada 2 hal yang dapat dilakukan dalam perancangan sistem manajemen kinerja.
pertama bagi perusahaan yang sangat menghargai pendapat karyawannya maka pembuatan sistem manajemen kinerja akan banyak melibatkan usulan-usulan karyawan selanjutnya usulan-usulan karyawan tersebut akan dikaji ulang oleh para manajer serta supervisor yang mungkin dalam usulan tersebut masih ada hal yang kurang dirasa cocok. kemudian hasil kajian tersebut akan di umumkan kepada para karyawan dan jika karwayan merasa cocok atau setuju dengan keputusan tersebut maka hal tersebut akan disahkan menjadi sistem manajemen kinerja pada perusahaan tersebut.
Kedua, ide-ide awal mengenai manajemen kinerja pertama akan muncul dari para atasan baik itu manajer maupun para supervisor, kemudian ide tersebut akan menjadi sebuah wacana perusahaan dan akan disosialisasikan kepada seluruh karyawan. bagi karyawan yang merasa keberatan dapat mengajukan keterberatannya serta menyampaikan alasan. kemudian oleh para manajer dan supervisor akan dikaji ulang. bila sudah mencapai kesepakatan maka yang sebelumnya adalah wacana akan dijadikan sistem manajemen kinerja yang berlaku pada perusahaan tersebut.
kedua hal tersebut sama sam melibatkan karyawan dalam pengambilan keputusan, karena bagaimanapun karyawan adalah bagian terpenting dalam perusahaan.
5.    Strategi perusahaan ialah pola atau rencana yang mengintegrasikan tujuan utama atau kebijakan dengan rangkaian tindakan dalam sebuah pernyataan yang saling mengikat maksudnya adalah segala strategi, tindakan yang diambil oleh perusahaan merupakan langkah perusahaan dalam mencapai tujuan utama perusahaan. Sedangkan tujuan utama perusahaan akan berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lain bahkan perusahaan sejenis pun akan memiliki tujuan utama perusahaan yang berbeda.


No comments:

Post a Comment