Monday 4 January 2016

Tugas 2 Manajemen Kinerja

1. Dalam menilai kinerja suatu perusahaan yang lebih rinci, terdapat kesepakatan antara analis dan manajer keuangan untuk melakukan pengukuran terhadap variable-variabel yang dinilai penting. Jelaskan!
2. Pengelolaan variable kinerja financial dan non financial adalah untuk memenuhi trade-off. Jelaskan maksud pernyataan diatas.
3. Hal pertama dan terpenting dalam kaitannya dengan pemenuhan kebutuhan pelanggan adalah ukuran pengaduan (complaint) pelanggan yang biasanya terjadi karena adanya ketidakpuasan pelanggan. Kemukakan pendapat saudara mengenai hal ini.
4.Salah satu bentuk dari pelayanan prima adalah reliable, komprehensif, lengkap, mutakhir, dan mudah diakses.jelaskan!
5.Bagaimana perusahaan membangun kepercayaan pelanggan terhadap produk yang baru?

Jawaban
1.      Dalam menilai kinerja suatu perusahaan yang lebih rinci, terdapat kesepakatan antara analis dan manajer keuangan untuk melakukan pengukuran terhadap variable-variabel yang dinilai penting, hal ini bertujuan untuk menganalisis variabel variabel tersebut apakah bisa direalisasikan dan disesuaikan dengan keuangan perusahaan, untuk itulah diperlukan analisis terlebih dahulu
2.      Beberapa perusahaan menggabungkan ukuran keuangan dan non keuangan dalam satu laporan dan memberikan bobot pada masing-masing ukuran tersebut, Tetapi kebanyakan scorecard tidak memberikann bobot yang eksplisit kepada masing-masing ukuran ini. Tanpa pembobotan semacam itu, adalah sulit untuk menentukan pertukaran antara ukurann keuangan dan non keuangan.
3.      Komplain merupakan hal yang sangatlah wajar, terutama komplain yang memberi masukan untuk perbaikan produk. Untuk usaha di bidang jasa komplain juga memiliki artian yang sangat penting, karena dengan adanya complain disitu kita dapat mengetauhui apa yang sebenarnya kurang dari produk kita.
4.      -  Reliabel yaitu, adalah suatu kemampuan menampilkan layanan yang dijanjikan dengan valid dan representative.
-       Komprehensif, mampu menangkap (menerima) dengan baik mengenai keinginan konsumen, serta memiliki wawasan yang luas

5.      Selalu menjual produk atau jasa yang bermutu

Barang dan jasa yang kita hasilkan memang harus yang berkualitas baik dan tidak asal-asalan. Terkadang, orang rela untuk mengeluarkan kocek yang sedikit lebih mahal asalkan memang sebanding dengan hasil yang akan diterima. Kualitas memang menentukan apakah orang mau untuk menggunakan kembali produk atau jasa yang kita hasilkan. Misalnya kita menjual produk kecantikan, maka kosmetik yang kita jual haruslah bermutu baik dan terbuat dari bahan yang memenuhi standar kesehatan. Jika kita menjual jasa, misalnya jasa training atau pelatihan, kita harus sanggup memberikan ilmu yang baik yang dapat berguna serta diterapkan di perusahaan yang kita latih. Kualitas sangat menentukan kepercayaan konsumen, karena itu memang produk atau jasa yang kita pasarkan harus yang memiliki kualitas yang baik.

Menyediakan layanan purnajual

Jika kita menjual suatu produk, ada baiknya jika kita menyediakan garansi terhadap produk yang kita hasilkan. Garansi yang kita berikan misalnya berupa service yang mudah atau juga misalnya service gratis jika produk yang kita jual mengalami kerusakan tertentu. Garansi yang kita berikan akan membuat konsumen merasa puas akan produk yang kita hasilkan dan hal tersebut juga merupakan salah satu cara agar membangun kepercayaan konsumen dan juga meningkatkan penjualan kita.

Delivery on time

Jika kita menjual produk kita dan menyediakan jasa delivery atau pesan antar, biasakan untuk on time atau tepat waktu, karena jika kita terbiasa ngaret atau terlambat dalam mengirimkan barang yang dipesan konsumen, maka hal tersebut bisa membuat nama kita menjadi buruk dan membuat konsumen menjadi tidak percaya lagi kepada kita. Ketepatan waktu merupakan salah satu hal yang diperhitungkan oleg konsumen untuk memesan produk kita kembali. Jadi, biasakan untuk mengantarkan pesanan barang tepat waktu, agar konsumen merasa puas dan hal tersebut dapat membangun kepercayaan konsumen terhadap produk yang kita hasilkan dan pasarkan.

No comments:

Post a Comment