Tuesday 29 December 2015

Review: Wardah White Secret Night Cream

Wolla readers #lambaikantangan kali ini aku akan mereview Wardah White Secret Night Cream, dan kebetulan ini adalah review pertama ku #degdegan

Oke deh langsung ke point nya aja ya dear, jadi ni si  White Secret Night Cream ini adalah transformasi dari seri Wardah Lightening Night cream. Pasti readers juga sudah tahu kan kalo skin care wardah ada step per stepnya dulu untuk pemakaiannya. Jadi si White Secret Night Cream ini merupakan peringkat tertinggi saat ini untuk kategori seri pencerah wajah. 

Dari segi packagingnya terlihat bagus, dan terkesan wah dan besar banget, nggak travel friendly, tapi kalo menurut aku nggak papa sih. Oh ya yang bening bening itu bukan kaca ya guys, tapi itu plastik bening. jadi jangan takut pecah kalo jatoh, soalnya kan plastik.
Tapi nih walaupun wadahnya besar, isinya hanya 30 gr. Karena di dalemnya itu masih ada lapisan wadah warna putih. jadi yang readers lihat dari luar warna putih itu bukan krim nya tapi lapisan dalam wadah tersebut ya guys. Untuk masalah harga 


Berdasarkan informasi dari website nya wardah, cream malam ini merupakan krim pemutih untuk pencerahan kulit yang dapat melembabkan dan memelihara kulit memiliki Kombinasi Whitening Complex , Licorice Extract , Alpha Arbutin dan Vitamin B3 membantu mencerahkan kulit, mengandung Vitamin E , Pro Vitamin B5 dan Hyaluronic Acid untuk melembabkan kulit dan memberikan nutrisi untuk kulit wajah. Diperkaya dengan AHA alami yang membantu mengangkat sel kulit mati dan meremajakan sel-sel kulit . Diformulasikan dengan Matryxil sebagai anti - penuaan Untuk wajah lebih cerah, halus dan lentur.

Dan sekarang akan kita kupas satu per satu kandungan dari White Secret Night Cream:
  1. Ekstrak Licorice diperoleh dari akar tanaman Glycyrrhiza Glabra atau yang lebih dikenal dengan nama Akar Manis. Saat ini sudah banyak studi yang mempelajari tentang manfaat Ekstrak Licorice bagi kulit wajah, terutama pada kasus-kasus pigmentasi seperti noda-noda hitam di wajah. 
    Ada banyak komponen yang terkandung dalam Ekstrak Licorice, antara lain glabridin, glikosida, flavonoid dan tanin. Menurut National Center for Biotechnology, komponen pada Ekstrak Licorice yang dapat membantu mencegah pigmentasi pada kulit wajah adalah Glabridin. Glabridin bekerja dengan cara menghambat aktivitas enzim tirosinase di dalam sel melanosit yang membentuk melanin.
    Ekstrak Licorice ini juga dapat ditemukan dalam produk Skin Whitening Cream, salah satunya di  Wardah White Secret Night Cream ini.
  2. Alpha Arbutin merupakan salah satu kandungan yang terdapat di produk Glutera Glutathione Body Soap.
    Alpha arbutin merupakan generasi terbaru dalam dunia kosmetik, merupakan senyawa biosintesis yang murni dan mudah larut dalam air, Mempunyai peranan yang signifikan di dalam dunia kosmetik sebagai ingredient yang berfungsi untuk ligtening dan lebih aman di bandingkan senyawa hidroquinon serta merkuri.
    Hingga saat ini belum di temukan adanya effek samping yang timbul pada pemakaian produk-produk kosmetik yang menggunakan bahan aktif atau ingredient Alpha Arbutin. Lalu bagaimanakah sebenarnya cara atau mekanisme kerja dari pada alpha arbutin? Alpha arbutin bekerja melalui mekanisme penghambatan biosintesis melanin di lapisan epidermal melalui penghambatan enzymatic oksidasi tyrosine dan dopa. terbukti alpha arbutin ini lebih effektif, cepat dan lebih aman untuk di gunakan sebagai skin lightening.

  3. Vitamin B3 Dalam bidang produk perawatan kecantikan, telah dikembangkan berbagai kosmetik yang berbasis vitamin B3. Diyakini, dalam beberapa tahun ke depan, produk-produk tersebut akan laris di pasaran karena sampai saat ini, berdasarkan hasil penelitian, produk kecantikan vitamin B3 yang langsung diterapkan pada kulit sangat efektif menjaga kelenturan kulit, memperhalus kulit wajah, anti penuaan dan terutama juga diyakini dapat mencegah kanker kulit. 
  4. Vitamin E berguna untuk:
    • meningkatkan daya tahan tubuh, membantu mengatasi stres, meningkatkan kesuburan, meminimalkan risiko kanker dan penyakit jantung koroner

    • berperan sangat penting bagi kesehatan kulit, yaitu dengan menjaga, meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit, mencegah proses penuaan dini, melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet, serta mempercepat proses penyembuhan luka.
    • sebagai Antioksidan. Semua vitamin E adalah antioksidan dan terlibat dalam banyak proses tubuh dan beroperasi sebagai antioksidan alami yang membantu melindungi struktur sel yang penting terutama membran sel dari kerusakan akibat adanya radikal bebas. Dalam melaksanakan fungsinya sebagai antioksidan dalam tubuh, vitamin E bekerja dengan cara mencari, bereaksi dan merusak rantai reaksi radikal bebas. Dalam reaksi tersebut, vitamin E sendiri diubah menjadi radikal. Namun radikal ini akan segera beregenerasi menjadi vitamin aktif melalui proses biokimia yang melibatkan senyawa lain.
    • melindungi sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh dari kerusakan. Selain bisa melindungi dari akibat kelebihan vitamin A dan melindungi vitamin A dari kerusakan, vitamin ini juga bisa melindungi hewan dari akibat berbagai obat, bahan kimia, dan logam yang mendukung pembentukan radikal bebas. 
  5. Pro Vitamin B5 bermanfaat untuk menjaga kelembapan alami kulit. Sangat cocok digunakan di iklim tropis seperti di Indonesia. Dimana saat aktivitas diluar ruangan dapat menyebabkan kulit terpapar sinar matahari dan membuat air pada kulit mengalami penguapan sehingga kulit menjadi kering. Secara formulanya, provitamin B5 ini bisa mencapai 2%. Dengan penggunaan oles pada kulit dapat membawa kulit mengalami resiko rendah mengalami iritasi dan sensitif. 
  6. Hyaluronic Acid pada kulit terdapat pada epidermis dan dermis. Pada Dermis, HA mengisi ruang antaracollagen dan elastin.
    Karena faktor usia dan sinar matahari , maka menyebabkan hilangnya kadar air dan kandungan HA pada lapisan dermis dan epidermis yang menyebabkan kulit kusam, kasar dan berkerut.
    Secara umum Fungsi HA pada kulit :
    • Melembabkan kulit dengan mengikat air
    • Mengisi celah yang kosong pada kulit
    • Meningkatkan metabolisme kulit
    • Meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi garis-garis halus pada wajah
    • Mengaktifkan kembali sel matrik, pembentukan collagenAda lima jenis AHA, yaitu asam glikolat, asam laktat, asam sitrat, malic dan tartaric. Menurut penelitian, asam glikolat adalah AHA yang paling unggul karena mempunyai kemampuan terbaik meluruhkan lapisan kulit. Jika lapisan kulit meluruh terbuka maka penyerapan bahan perawatan kulit berlangsung lebih baik.
  7. AHA bekerja dengan cara meluruhkan lapisan epidermis kulit (eksfoliasi). Ini memungkinkan sel-sel kulit mati mengelupas dan mempercepat regenerasi sel-sel kulit baru, sehingga kulit menjadi lebih cerah, segar, dan kenyal. Oleh karena itu secara perlahan eksfoliasi juga mampu menghilangkan flek hitam maupun warna kulit yang tidak merata.
  8. AHA juga berfungsi sebagai antiaging. Sebagai anti penuaan dan pelembut kulit, AHA biasanya digunakan untuk memperbaiki tekstur kulit, menghilangkan kerutan halus, dan pigmentasi yang tidak merata.
    Berikut ini adalah mafaat AHA untuk perawatan kecantikan kulit wajah :
    • Meningkatkan produksi kolagen alami kulit
    • Meningkatkan dan memperbaiki elastisitas dan lapisan kulit
    • Mengurangi komedo dan jerawat
    • Mengecilkan pori-pori kulit yang membesar
    • Melembutkan dan menghaluskan tekstur kulit
    • Meratakan warna kulit karena hiperpigmentasi, maupun karena bintik-bintik penuaan
    • Mengurangi garis dan kerutan halus di wajah
    • Efektif untuk merawat kulit normal kering
    • Memperbaiki kulit yang kusam karena sinar matahari
    Namun demikian AHA juga memiliki efek samping :
    • Pada orang yang sensitif sering muncul rasa terbakar atau panas pada wajah
    • Menyebabkan pengelupasan kulit
    • Pada orang yang sensitif bisa menyebabkan wajah memerah dan bengkak
    • Bisa memicu iritasi kulit
    • Pemakaian yang berlebih menyebabkan kulit menjadi kering
    Satu langkah penting saat menggunakan AHA adalah wajib menggunakan sunblock. Ini disebabkan karena AHA bisa meningkatkan kepekaan kulit Anda terhadap sinar matahari. Dengan menggunakan sunblock, efek ini bisa dikurangi.
Fiyuhh banyak banget ya guys kandungan dan manfaatnya. Setelah baca kandungannya dan tahu manfaatnya kita jadi mengerti apa sih kandungan krim yang kita pake itu, jangan sekali kali kita make suatu produk tapi kita nggak ngerti apa apa ya guys, 
Nah balik lagi ke wardah, si wardah ini memiliki tekstur yang kental, lembut dan wanginya itu nggak terlalu wangi jadi wanginya pas dan tidak mengganggu. FYI wardah ini awet banget di aku. awal beli bulan September dan masih sampai pertengahan Desember, padahal pemakaian runtin dan dengan penggunaan yang cukup tebel, hemat kan guys sekitar 3 bulan dengan harga sekitar 80k tepatnya berapa sih aku lupa kan udah lama juga ya.
Bicara soal hasil menurutku bagus, kulit wajahku tone nya meningkat dibanding dengan sebelum pemakaian, tapi menimbulkan komedo kecil kecil di lipatan samping hidung T_T
In my opinion Wardah white secret ini cocok untuk mencerahkan kulit wajah, tapi kurang cocok jika digunakan untuk menghilangkan flek hitam diwajah, mungkin lebih cocok jika menggunakan Intensive Brightening Essence nya Wardah. FYI, kulit muka aku ini banyak ditumbuhi flek flek hitam kecil kecil, bukan hitam sih tapi cenderung coklat xD. Mungkin karna waktu kecil suka panas panasan kali ya, sama dulu waktu masih SMA suka gowes sepeda #curhatdikit :v

Kesimpulan:
+ Dengan harga 80k cukup ekonomis untuk penggunaan sekitar 3 bulan
+ Teksturnya lebut dan berbau soft
+ Pencerahannya bagus, tone kulit meningkat

- Wadah bulky dan berlapis lapis
- Komedoic

Repurchase:
- Maybe yes

Oke readers segitu dulu ya review dari aku, semoga bermanfaat dan bisa jadi refrensi bagi kalian yang ingin mencerahkan wajah :D

Kalo ada yang ingin ditanyakan silahkan, jangan sungkan sungkan ya :)

132 comments:

  1. Mbak saya baru pertama menggunakan wardah white scret, prtama pemakaian tidak ada msalah apa2 selama 3minggu, tapi setelah itu muncul bentol2 kecil. Itu tandanya gak cocok apa gimana mbak? Apa harus berhenti, kulitku kulit yang kering

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya muka merah kalau berkeringat, terkena panas matahari. Atau mungkin ini palsu yaa

      Delete
    2. Mbak sya mau tanya saya baru pertama kali menggunakan wardah white scret. Dan dalam pemakaian 3 minggu timbul jerawat lumayan banyak. Apakah itu tidak cocok aa solusinya kk
      Soal. Sebelumnya saya mengunakan crem temulawak mbak

      Delete
  2. Mbak saya baru pertama menggunakan wardah white scret, prtama pemakaian tidak ada msalah apa2 selama 3minggu, tapi setelah itu muncul bentol2 kecil. Itu tandanya gak cocok apa gimana mbak? Apa harus berhenti, kulitku kulit yang kering

    ReplyDelete
  3. Terimakasih atas pertanyaannya,
    pertama, apakah ini merupakan penggunaan pertama mbak Tika Putri dalam memakai serangkaian produk wardah?
    hal ini mungkin sama seperti pengalaman saya waktu memakai wardah untuk pertama kalinya, waktu itu aku make yang wardah lightening day cream step 2 langsung, alhasil kulit muka aku jadi ada pengelupasan kecil. disini aku sempet berfikir nggak cocok pake wardah, tapi setelah aku browsing" ternyata harus melewati step stepnya. jadi mungkin mbak bisa pake step 1 dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kak saya juga begitu. Tadinya pakai yang lightening sama step 2 day cream dan night cream nya juga. Kemudian saya ganti pakai white secret baru 3 harian tapi di muka saya seperti ada bintik merah kecil kecil. Itu pertanda apa ya kak? Apa tidak cocok atai sedang beradaptasi?

      Lalu untuk white secret tidak ada tahapannya kan kak?

      Delete
    2. hai sis, terimakasih untuk pertanyaannnya. kalo gejala yang muncul seperti yang sista sebutkan tadi mungkin untuk pemakaiannya bias di hentikan dulu ya sis. dan coba di konsultasikan ke dokter kulit.

      Delete
    3. Kak aku kan baru pertama x pakai white secret night crim sama serumnya pemakaian udah hampir sebulan tp ko malah muncul bintik2 merah sama bentol2 ya, itu knapa ya pertama pemakaian gpp hasilnya jg bagus knp baru muncul reaksi setelah pemakain hmpir sebulan terimakasih

      Delete
    4. Saya pakai ini muka saya jadi merah saat berkeringat dan terkena panas matahari. Itu knp ya

      Delete
  4. Kk Mau tanya wardah ws ini untuk usia berapa ya ?

    ReplyDelete
  5. kalo menurut kakak sih aman untuk usia usia SMA, kalo adik masih SMP mending pake bedak aja tidak perlu pake cream. karena di usia usia smp wajah kita tentu masih terlalu muda untuk memakai krim.

    Kalo untuk wanita 30 atau 40 tahun keatas cocoknya pake wardah renew you buat anti aging.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo mau bantu jawab. wadah white secret itu untuk usia 25th keatas,better dimulai ketika usia 30th. untuk yg masih muda belia sebaiknya pake wardah essential aja. setelah pemakaian rutin, wajah akan tampak cerah alami. semoga membantu.. :)

      Delete
  6. Kak, aq juga pny bintik2 cokelat gitu
    Gimana ya cara ngilanginnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bintik coklat itu biasanya ada 2 jenis sih. kalo bekas jerawat masih bias di hilangkan. tapi kalo bintik coklat milia itu yang susah dihilangkan. bisa jadi karna pengaruh sinar matahari.

      Delete
    2. Kak,saya mau tanya?kalo saya pakek wardah ligthening mau pindah ke wardah white secret apa pemakaian wardah ligthening di hentikan dulu baru pindah ke wardah white secret kak?atau bagaimana??mohon pencerahan nya kak🙏😊

      Delete
  7. Kak, aq juga pny bintik2 cokelat gitu
    Gimana ya cara ngilanginnya?

    ReplyDelete
  8. wahh kalo bintik bintik hitam kakak juga belum nemu cara yang ampuh buat ngilanginnya. soalnya udah pake beberapa cara dan bintik hitam itu masih nempel di muka, mungkin karena terlalu dalem kali bintiknya.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Assalamualaikum, hai kak
    setelah baca review dri kakak dan blog2 lainnya, ak jadi tertarik pake wardah white secret. apa smpe skrg kakak masih pake itu? dan gmn hasilnya? klo boleh minta review lagi dong gmn stlh pemakaian jangka panjang hehee. oiya ak jg mau tanya, misal ak beli white secret (tidak satu paket) tp untuk cleanser, tooner, dan facial wash ak tetep pake yg acne series boleh nggk kak? soalnya ak jg tipikal agak jerawatan..
    oke sekian prtnyaanku, makasih kaka ^^ sukses selalu..
    wassalam.

    ReplyDelete
  11. wa'alaikum salam
    oke terimakasih atas pertanyaanya..
    sampai sekarang kaka masih pake krim tersebut. untuk hasil jangka panjang cukup membuat wajah cerah, ingat cerah bukan putih karena tiap individu punya tone macimal tersendiri.
    kalo untuk pemakaian yang di combine sama rangkaian lain kaka rasa tidak masalah karena harus di sesuaikan dengan kebutuhan masing masing individu, cocok di kaka belum tentu cocok di kamu.
    iyu sih yang bisa kaka sampaikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mb ak pkai lngsung yg wardah white screet sma milkclanser white screet nya rsanya kok kya wedangen (panas) d muka.. Tp ak uda pkai satu cepuk.. Agak kering di muka.
      Apa mungkin ak hrus mulai dr step satu dlu yaa

      Delete
    2. Mb ak pkai lngsung yg wardah white screet sma milkclanser white screet nya rsanya kok kya wedangen (panas) d muka.. Tp ak uda pkai satu cepuk.. Agak kering di muka.
      Apa mungkin ak hrus mulai dr step satu dlu yaa

      Delete
    3. iya harusnya pakai yang step 1 dulu.
      dulu aku juga pernah pake yang langsung step 2 agak mengelupas dikit. trus aku baca di wadahnya ternyata memang harus step by syep makainya.

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
  12. Mba aku beli yg versi ekonomis. Yg 17 gr 39 rb sy beli. Lbh murcee kann

    ReplyDelete
  13. oh ya?? adakah?? malah aku sendiri belum tahu hehe,, btw thx lho infonya sis :D

    ReplyDelete
  14. Kak mau tnya kalo wardah ws facial wash bisa untuk usia 17 thn nggk,?
    Mksih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh kurang tahu ya dek. kalo masih umur 17 tahunan mending jangan pakai skin care yang macam macam. saying sama kulitnya dek. tapi kalo pakai face wash nggak papa kali ya asal jangan pakai krim malam ataupun siang.

      Delete
    2. Owh iyha kak, cuma pake yg facial wash'y, krim'y aq nggk pake,,
      Makasi y kak uda d kasih tau,, :)

      Delete
  15. kak kalau untuk usia 18 tahunan aku dah kuliah gitu aman ga ya pake wardah white srcret? soalnya kayaknya wardah2 yang lain tu nggak begitu manjur gitu kak idk :( makasih kak sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kulitnya nggak ada permasalahan apa apa mending nggak usah pake dek, cukup pake bedak aja. kalo pake krim yang macem macem nanti takutnya malah nggak cocok.

      Delete
  16. Mbak aku kan sblumnya blum prnah pkai cream mlam wardah...
    aku pgen nyoba pakai cream wardah...
    Tpi aku bingung mbak klu mau pakai cream malam wardah untuk pemula itu yg mana..
    Yg ligthening night cream atau yg white secret night cream..

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk awal awal pake nya yang wardah lightening cream yang step 1 dulu mbak, sesuai seperti yang dianjurkan oleh wardahnya sendiri. setelah habis pemakaian baru pake yang step 2 setelah itu baru pake yang white secret.

      Delete
  17. Saya sudah menggunakan wardah secret selama 3bulan tapi cm yg krim siang dan malam sm facial foam nya sajaa...dan sayaa seneng krn kulit saja jadi cerah dan lemban..jerawat jugaa gk muncul lagi 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah pada penggunaan awal ada jerawat kecil2?

      Delete
    2. tergantung dari reaksi kulit masing masing ya sis. kalo biasanya ngga muncul jerawat bisa di hentikan saja pemakainanya. dan di konsultasikan ke dokter kulit kalo terjadi iritasi.

      Delete
  18. Saya sudah menggunakan wardah secret selama 3bulan tapi cm yg krim siang dan malam sm facial foam nya sajaa...dan sayaa seneng krn kulit saja jadi cerah dan lemban..jerawat jugaa gk muncul lagi 😘

    ReplyDelete
  19. Aku udah pake lightening step 2 beberapa bulan bisa lanjut ke white secret nggak tapi umurku masih 21 thn?

    ReplyDelete
  20. mba q kan baru pertama kali pake wardah white secret q pakai yang nigt sm day trz sma facial wash nya to bru seminggu diarea hidung sama mulut kok perih sm gatel itu tandanya ngga cocok apa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh perih ya sis? mungkin bisa dihentikan dulu untuk pemakaiannya

      Delete
    2. Nah iya mba aq juga bgni, aq. Pk wardah white screet, udh 2 minggu ini, seminggu pertama area lipatan hidung sm pinggir mulut terasa gatal, aq terusin smp skrg 2 minggu qok mlh jd ky hitam bekasny ya? Karna wkt gatal utu trs aq garuk.. Kalo aq ga pk kulit muka rasany kering bgt mba

      Delete
    3. Sama ni aku gatal terus kayak mengelupas gitu kulitnya itu cocok apa enggak tolong di bantu yaa

      Delete
    4. bisa di hentikan dulu ya sis untuk pemakaiannya. dan kalo bisa dikonsultasikan ke dokkter kulit.

      Delete
  21. Aku sebelumnya pakai wardah lightening step 1 yg malem, tpi pemakaian aku hentikan dan langsung mw coba yg white secret night cream. Kira2 gpp kali yya mbak, abis aku gx sabaran mw coba 😁😁😁
    Yya mudah2an ajh cocok, soalnya pas pake step 1 mukaku gx ada efek apa2 ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakenya perstep dulu sis sesuai ajnuran pemakaian

      Delete
  22. Hii semua,,kenalin aq dede udah lama memakai wardah dri step 1-2 dan white secret tapi muka q tiba2 muncul bintik2 cokelat kecil2,di tulang pipi kanan dan kiri,,aq terusin aja makenya,tpi lama2 bintik2 kecil ituh makin mneyebarr,,pdhal aq beli sama serum nya juga,kena bisa begitu yahh,,ini aq tidk berni melanjutkan pemakaian,rakut tambah parah,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin nggak cocok kali ya sis, bisa di hentikan pemakaiannya.

      Delete
    2. Saya pakai nigt secret,facial foam sm serumny,pertama sich ga pa2,hr ke4 wajah saya agak panas.ap itu ga cocok ya mba

      Delete
  23. Hii...baru 1 bln pake white secreet yg 1 paket tp wajahku makin lama keriing kali & terasa gatal terus klo lg pake,,,jd aq hentikan aja, mungkin ga cocok ato memang kaya gitu ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sis, bisa di hentikan dulu pemakainnya kalo ada indikasi iritasi

      Delete
  24. Aku juga sama nih baru 3 minggu pakai white secret wardah ko malah muncul jerawat kecil" gitu ya apakah ga cocok ? Padahal sebelumnya aku pakai lightening wardah sudah agak lama ga ada masalah, mohon info ka ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin bisa di hentikan dulu ya sis pemakaiannya, dan di konsultasikan ke dokter kulit.

      Delete
  25. mlm... aku baru pke wardah ws 1 rangkaian krim siang mlm sabun muka n serum. tp ko timbul jerawat kecil2. itu faktor efek pemakaian atau krna tidak cocok yaa sist...

    ReplyDelete
  26. mungkin bisa bantu jawab ya mba. kalo muncul bintik2 kecil atau jerawat itu yang aku tau tandanya sih kurang cocok pake itu. soalnya aku udah pake ws selama setahun dengan rangkaian seluruh paketnya alhamdulillah gak jerawatan atau ada efek apa apa. kulit sih lebih bersih dan cerah, tapi harus rutin makenya soalnya aku suka males make kalo yang malem grgr udah ngantuk. jadi kalo mau make yang rutin biar hasilnya maksimal. sayang kan udah mahal mahal hehe.

    ReplyDelete
  27. biasa nya aku pake wardah lightening step 2 trus skrng aku pke white secret tpi muka aku malah mengelupas tpi tidak terasa perih. apa memang seperti itu dulu atau tidak cocok yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut aku lanjutin dulu aja kak selama 2 minggu

      Delete
  28. Mbak ini kan usiaku 22 tahun, dulunya pake wardah lightening series udh sekitar 3 tahun dan bosen,, misalnya saya ganti wardah WS dengan umurq yg masih 22 tahun boleh ndak??

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut aku boleh kak. Karena mencagah penuan dini

      Delete
  29. Mbak aku udah makek crim malam ws sekitar 4bulan stlh sthn make lightening 1 2 ,pas mau nyoba facial washnya ws kok tb tb kulit bagian hidup kayak terkelupas dan kering itu tnd nya ga cocok ya? Sblmnya sih pake gentle wash ga ada maslh apa apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin tipe kulit mbak nelvi kering, jadi terjadi pengelupasan area sekitar hidung. sama aku juga ngalamin gitu.

      Delete
    2. Iyah ka, aku juga gtu gak tau efek samping dari day cream facial wash atw night creamnya ya, tapi aku juga pake maskernya
      Kulit jadi kering sama kulit muka aku ngelupas, itu gmna ya ka, minta sarannnya dong ka

      Delete
  30. Sama tuh aku juga begitu. Kulit wajah sih lumayan agak cerah dn lmbut cuma msalhnya dri hidung itu.. trus hrus gmn ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aq d hidung juga mengelupas d bagian pinggirnya, tp msih bisa d atasi, ini malah d sekitar dahi bruntusan dn gatal2 cman kdang2 dan anehnya gatelnya sampe k leher pdahal aq gak pk sampai leher

      Delete
  31. Hai semuaa aku juga lagi coba nii. Aku baru make selama mau seminggu ini. Aku pake sabun,cleanser,face scrubb,serum,day cream and night cream. Aku ga coba step 1 dan 2 nya,perna pake step 1 tapi waktu sma seinget aku. Sekarang aku pake ws karna lepas dari cream dokter. Pas awal pake coba sabun muka aku kenyaal,aku coba sabun selama siang,sore dan malam, gaada reaksi apa2 yaa aku fikir cocok,lalu aku pake serum dan cream malam yg sudah aku beli. 2 hari pemakaian muka aku jerawatan,mungkin ini di detox dulu setelah pernah pake cream dokter, tapi jerawatnya ga parah kok. Sekarang hari ke 6 di bagian hidung,pinggir bibir dan diatas dagu lagi ngelupas. Day cream bikin muka glow tapi aku gasukanya kalo pake bedak jadi lunturr dibagian mata aku kayak keliatan kurang tdr gituu. Yaa suka2 aja selama pemakaian 6 hari ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak, mau tanya dong? Dulu aku pernah pake wardah lightening series daycream langsung step 2, wajah aku jdi kusam dan berminyak.skrg aku pake f&l,kira" kalo aku pngen coba pake wardah ws bisa ngga yaa? Padahal usia masih 19 tahun?

      Delete
  32. Kak mau nanya...
    Kan aku udh pake paket wardah lightening setahun tp gk ada perubahan yg signifikan... kukit ku berminyak, bekomedo dan pori" nya besar kk... kalo mau pindah ke paket whitening gmn ya kk? Tolong saran nya😊

    ReplyDelete
  33. Kak saya usia 20 thun saya pakai itu juga kak sempat ngelupas kulit saya kak, tapi setelah itu hilang sendiri kadang saya pakai creamnya kadang nggak itu gak papa ya kak saya pakai cream nyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kak aku juga lagi proses pengelupasan, dan timbul jerawat huhu

      Delete
    2. Sama kak aku juga lagi proses pengelupasan, dan timbul jerawat huhu

      Delete
  34. Kak saya umur 19 th, saya baru pertama kali pake wardah day cream sama night cream, kok muncul bintik bintik di hidung ya kak
    apa ngga ppa y ka?

    ReplyDelete
  35. Kak saya umur 19 th, saya baru pertama kali pake wardah day cream sama night cream, kok muncul bintik bintik di hidung ya kak
    apa ngga ppa y ka?

    ReplyDelete
  36. Kak umur aku 17 th ��, aku udah terlanjur beli ws yang night cream nya aja, udah 2 hari ini pemakaian kak, aku baru lihat katanya ini buat umur 25 keatas ��, jadi gimana ini kak ? Dilanjut apa gak pemakaian nya

    ReplyDelete
  37. Aku pindah dari cream racik ke wardah secret lemakaian dua hari wajah aku muncul jerawat dan sekitar hidung dan daerah mulut dan dagu ngelupas gtu.. Itu memang aja ya... Kak

    ReplyDelete
  38. Kak aku pake wardah udh 3 hari, kulit ngelupas gitu, kira kira berapa hari ya efek seperti ini ?

    ReplyDelete
  39. Kak, aku sdh pakai lightning Serie sdh lumayan lama, di mulai dari series acne kemudian lnjt step 1 sampai skg msh pakai step 2 tapi selama 2 bln ini jerawat aku mkin bertambah byk, apa saya harus kembali pakai series acne atw ttp lnjtkn pakai yg series lightning?

    ReplyDelete
  40. Kak aku pake br pakai 2 mingguan tp kulitku kok jadi agak gelap ya alias agak item itu apa karena gak cocok atau karena efek samping pakai night cream tp pas tdr lampu kamar gak aku matiin ya?
    Thx kak

    ReplyDelete
  41. sist.aku pke ws mukaku kluar flek hitam nya knpya ,flek.hitam nya ngeblok bgtu. ap mmng bgtu bila pemakaian pertma...,atau mmng pertnda tdk cocok.y sis. mohon sarannya sist bgmb baiknya lnjut ap tdk pemakaiannnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo belum pernah pake rangkaian produk wardah sebelumnya, sebaiknya dinetralin dulu pake wardah essential atau kalo berjerawat pake yg acne series. kl pake essential, setelah habis gunakan lightening series step 2 langsung gpp. tapi, kalo pake acne series sebaiknya pake yg step 1 dulu, dan sebaiknya usia sis udh 20th keatas.kalo ws better digunakan setelah sist usia 30th. semoga membantu :)

      Delete
  42. maaf mbk mau tny saya umur 41 br mulai pake ws br seminggu sblmny sy udh gonta ganti racikan..
    saya ingin mncoba produk wardah tp stelah sya pakai br seminggu tp wajah saya malah tmbah kusam rasa gatal jg..
    it gmn y apa tdk cocok.
    makasih sblmny

    ReplyDelete
  43. Saya baru 2 hari menggunakan wardah white secret night cream dan day cream wajah sebelah kiri terasa&terlihat bengkak (sembab seperti habis nangis) dan sebelah kanan terasa gatal. Apa sebaiknya dihentikan atau tetap dilanjutkan ya? Saya pikir ini proses bahan2 aktif pada cream bereaksi dengan kulit wajah saya.

    ReplyDelete
  44. Aqu sebelum nya pake lightening series step 2.. mau pindah ke white secret.. tp yg day cream nya blum habis sayang kalo ga kepake.. kalo siang pake ligtning day cream trus malem nya pake white secret bisa ga ya ?

    ReplyDelete
  45. Aqu sebelum nya pake lightening series step 2.. mau pindah ke white secret.. tp yg day cream nya blum habis sayang kalo ga kepake.. kalo siang pake ligtning day cream trus malem nya pake white secret bisa ga ya ?

    ReplyDelete
  46. Maah mbak bisa nanya kah...katika aku habis pakai crem malam wardah white seacret kulit mukaku kayak perih terus panas gitu...itu saya nggak cocok atau gimana ya?

    ReplyDelete
  47. Assalamualaikum, sis mau tanya , umur saya 25th saya juga udh mau seminggu ini pakai ws memang muka agak cerah tp kok rada gatel trus timbul merah2 gitu, itu emang reaksinya atau ngga cocok yaaa??

    ReplyDelete
  48. Assalamualaikum, sis mau tanya , umur saya 25th saya juga udh mau seminggu ini pakai ws memang muka agak cerah tp kok rada gatel trus timbul merah2 gitu, itu emang reaksinya atau ngga cocok yaaa??

    ReplyDelete
  49. mba aku mw tanya.
    nah aku baru nyobain wrdah ws yg Night Cream .. semalem aku pake tapi ko pagi nya pipi aku jd kemerahan yah kiri kanan pipi yg dekat hidung.. itu knpa yaa apa emng gak cocok apa gmn ?

    ReplyDelete
  50. Hallo ka, usia saya 25 menuju 26 udh 2minggu saya memakai white secret awalnya pake day and night cream dulu, baru 2hari yang lalu saya beli facial wash ya dan ternyata kulit ku mengelupas dan kerasa kering, sebaiknya gimana ya? Mohon pencerahannya ka
    Nuhun,

    ReplyDelete
  51. Hallo ka, usia saya 25 menuju 26 udh 2minggu saya memakai white secret awalnya pake day and night cream dulu, baru 2hari yang lalu saya beli facial wash ya dan ternyata kulit ku mengelupas dan kerasa kering, sebaiknya gimana ya? Mohon pencerahannya ka
    Nuhun,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba pnglmn ny sy jg bgtu wajar ga y?

      Delete
  52. Aq bru pake 1 mggu kok kayakx malah tmbh kusam ya sis😓😓

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama,wajah q juga mengusam,pinggir hidung dan pinggir mulut kering jd ngelupas perih..terus setiap pemakaian perih dan terasa panas..apa wajah q gak cocok make nya ya kak?sudah hampir 2 mnggu aq makenya..satu paket aq beli kak..tolong pencerahannya..🙏

      Delete
    2. Sama,wajah q juga mengusam,pinggir hidung dan pinggir mulut kering jd ngelupas perih..terus setiap pemakaian perih dan terasa panas..apa wajah q gak cocok make nya ya kak?sudah hampir 2 mnggu aq makenya..satu paket aq beli kak..tolong pencerahannya..🙏

      Delete
  53. Saya memakai night cream n daily cream n serum wardah white secret udah 1 mngguan,tp kerasa kulit mengelupas ya kya pake cream dokter gt...apa ad yg punya pnglaman yg sama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai sis, mungkin bisa di hentikan dulu ya sis untuk pemakaiannya. atau mungkin sista punya kulit wajah yang kering jadi mudah mengelupas? sama saya juga gitu, jadi saya hentikan dulu pemakaiannya,

      Delete
    2. sist aku mau tanya pertama aku
      wardah c-defence energizing creamy lanjut pke toner.lanjut peke serum.lanjut pakai lightening step 1 day & night setalah habis 1 wadah langsung lanjut step 2.hbs 1 wadah step 2 lanjut white secret day & night lengakap dengan
      Wardah White Secret Facial Wash With toner pure treatment essence toner dan serum nya tp baru peke sekali mlm dah siang langsung timbul bintik2 merah disemua muka itu knpa ya perubahan atau gx cocok tp kan sudah melewati step2

      Delete
  54. Kak mau tanya aku umurku sekarang 20 thn, aku mau coba produk wardah terus buat pemula kayak aku awalannya make apa dulu kak, kasih saran donk kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai sis, bisa pake wardah yang step 1 dulu ya

      Delete
  55. Assalamu alaikum..
    Mau minta pndpat nih..
    Sya pke wrdah ws day & night nya tpi kok blum seminggu sudah pnya bintik2 kecil sperti jrwat kcil-kecil..dan gatal (saya bru prtma kali pke cream wrdah dan lngsung pke wsnya), pncuci mukanya saya pkainya bkan wrdah..kira2 gak cocok at gmna? Dan hrus dihentikan kah? Krna bintik kecil2 sperti jrwat itu dan gatal
    Mhon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai sis makasih pertanyaanya. kalo sista udah ngerasa nggak nyaman pake krimnya mungkin bisa di hentikan dulu ya sis pemakaiannya, dan di konsultasikan ke dokter kulit.

      Delete
  56. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  57. Kak cara membedakan cream wardah secret asli atau palsu gimana caranya y

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai makasih pertanyaanya. kalo untuk membedakan mana yang asli dan yang palsu kalo dilihat secara kasat mata mungkin memang susah. tapi kalo mau cari yang asli mungkin bisa beli di swalayan, karna mereka ngambil stoknya pasti dari distributor langsung. beda kalo beli di toko kemungkinan barang palsu semakin besar, karna mereka bisa ngambil dari sales pengecer.

      Delete
  58. Kak, makasih ya infonya.. Aku pakai ws langsung, jdinya kulit di lipatan antara bibir dan dagu jadi sangat kering dan terjadi pengeluaran serta berwarna gelap.. Cuma kulit dibagian wajah yang lain alhamdulillah aman.. Sebelumnya aku pakai essential nya, tiba2 lagsg tertarik dengan ws.. Kayaknya aku musti pakai step 1 dulu deh

    ReplyDelete
  59. Klu ak aman kak pake ws nya
    Cuman kulitku ngelupas2 gitu tp ga perih klu pake day cream sama night creamnya enak2 aja ... itu gmn y kak

    ReplyDelete
  60. Mbak awal a sy pakai wardah white secret cuma day n night creeam aj selama 1 bln g ad raksi ap2. Trus sya beli paket komplit. 2 minggu pmkain wajah sya gatal2, merah, panas, jadi bentol2 hitam. Jadi gmn ini mbk??? Trus sy mw tnya jga. Td dkomenn atas mbk blg pakai step 1 dlu. Step 1 otu yg gmna?? Kmudian klw udah step 1 apa harus ke step 2 trus 3 atw bs lhsung ke white secret???

    ReplyDelete
    Replies
    1. sist aku mau tanya pertama aku
      wardah c-defence energizing creamy lanjut pke toner.lanjut peke serum.lanjut pakai lightening step 1 day & night setalah habis 1 wadah langsung lanjut step 2.hbs 1 wadah step 2 lanjut white secret day & night lengakap dengan
      Wardah White Secret Facial Wash With toner pure treatment essence toner dan serum nya tp baru peke sekali mlm dah siang langsung timbul bintik2 merah disemua muka itu knpa ya perubahan atau gx cocok tp kan sudah melewati step2

      Delete
  61. Ka maaf aku mau tanya ., aku udah oake dari wardah lightening step 1 dan dua udah hampir 3 tahunn ., truss baru bbrapa hari ini aku nyobain wardah white screet pencuci sama cream siang mlm nya, , tapi ko muka aku jadi ngelupas bagian hidung sama mukaa skrng nambah lagi ke area mataa ,, jadi gimna yah terusin apa jangann ...

    ReplyDelete
  62. kaka aku mau tanya.. aku baru pakai sabun white secret.. 1-2 hari kulit ku berasa enak & kenyal. pas hari ke 3.. kulit aku ngelupas.. dipinggir hidung ,dipinggir bibir & diatas dagu..
    apakah ini tandanya tidak cocok kak.. apa aku harus stop pakai sabun white secret?
    makasih kak

    ReplyDelete
  63. mlm mba,sy 44thn..sebelumnyakulit muka tidak pernah sensitif pake produk krim apapun..tapi pas sy coba krim WS night and day trus serum brigtningnya kulit malah tambah kusam,panas,perih dan kasar seperti kulit jeruk.padahal harganya mahal.apakah tdk di uji dl?rugi konsumen dong.buang2 uang untuk produk yg tidak sesuaiiming2nya

    ReplyDelete
  64. Makasih buat reviewnya kak, bermanfaat sekali. Kulit aku sensitif banget pake wardah white secret ini muka aku langsung merah dan rasa terbakar setiap habis cuci muka. Lebih cocok pake wardah lightening di aku

    ReplyDelete
  65. Mba aku baru pertama kali pakai skincare Wardah white secret aku pakai cream cleanser facial wash terus essence yg cair sama serum trs sama night cream nya.. dan setelah aku pakai cream siang dan malam nya kulit dibawah hidung dan dagu aku jadi merah dan panas tapi setelah itu ilang jadi gimana ya bagus nya dihentikan atau bagaimana???

    ReplyDelete
  66. Hai ka mau tanya dong
    dlu aku pake wardah lightening step 1 di lanjut step 2 , awal2 bagus2 aja aku cocok , udah agak lama jadi bruntus kecil2 gitu ka kenapa yah ???
    Sekarang aku mau ganti wardah white secret tapi umur aku masih 19 tahun
    Kira2 harus gimana ???

    ReplyDelete
  67. Hallo kak, aku mau nanya nih.. Aku pertama kali pakai wardah white secreet, jadi sblmnya aku pakai cream dokter, aku bingung kok muncul beuntus sprti bintik2 kecil ya ? Jadi agak risih.. Aku bingung apakah itu mrupakan proses detox karna cream sebelumnya atau memang aku tidak cocok pakai cream wardah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama banget sama yg aku rasaain , trus sekarang mbak masih pake

      Delete
  68. Hai , mbak mohon saran nya dong , kemaren aku beli wardah white secret komplit kan mbak dan aku baru pakek dua hari ,kok kayak rada gatal gitu sih tapi gak terlalu , trus kalaubkena sinar matahari muka aku jadi merah gitu , trus kayak keringat buntat gitubdi mukaku aku tapi emang gak terlalu berlebihan sih mba,saran nya dong mba aku harus gimana,aku nya khawatir banget mba

    ReplyDelete
  69. Misi mbaa mau tanya, saya sudah 3 minggu menggunakan wardah white secret yang day & night , tapi makin kesini habis memakai yang night kok agak kerasa perih, dan panas ya? Tp kelamaan hilang, cuma setiap habis pake aja ngerasa perih dan panas . Reaski selama 3minggu pemakaian alhamdulilah putih mulus glowing .lalu Apa harus dihentikan?

    ReplyDelete
  70. Saya juga gtu padahal udah setahun lebih pakai wardah white secret tp pedih agak panas di area lipatan hidung tp cuma semenit gtu doang siap itu hilang cuma alhamdulillah sampai skrng masih pake bahkan smlm baru beli lagi �� cuma agak bingung ya knp agak pedih agak panas gtu �� apa solusinya ya mbak

    ReplyDelete
  71. Saya juga gtu padahal udah setahun lebih pakai wardah white secret tp pedih agak panas di area lipatan hidung tp cuma semenit gtu doang siap itu hilang cuma alhamdulillah sampai skrng masih pake bahkan smlm baru beli lagi �� cuma agak bingung ya knp agak pedih agak panas gtu �� apa solusinya ya mbak

    ReplyDelete
  72. Kak umur ku 23 thn. Boleh nggk pakek rangkaian wardah white secret, soal nya sma spg nya disarankan pakek itu.

    ReplyDelete
  73. Kak sy sdh pake wardah white secret 1 bln,tp koq bagian atas n bawah bi2r hitam y ?

    ReplyDelete
  74. Jual wardah white secret, day cream dan night cream kemasan 30 gr, kondisi 99%, baru dipakai sekali. Harga 150rb utk 2 item diatas.
    Alasan dijual: gak suka sama baunya :(
    Yang minat bisa hub 089604104373

    ReplyDelete
  75. Kak aku mau tanya aku kan pakek wardah white secret crem malem dan pagi, nah baru 2minggu selama 2 Minggu itu aku merasakan kayak kulit kering dibagikan bibir tetapi tidak mengelupas, hanya perih tapi anehnya hanya di bagian kulit bibir, bagian wajah lainnya aman dan bagus putih kenapa yah kak solusi dong mksi

    ReplyDelete
  76. Kak,kulit aku tu jenis kulit sensitive,ada banyak noda bekas jerawat trus kusem gitu 😩😩 .sarannya kak,kalo pake wardah ws night cream itu bisa buat kulit sensi nggak ya,sebelum pake aku mau nanya dulu,makasih,mohon jawabannya 🙏

    ReplyDelete
  77. Kak mau tanya dong, masa aku pake facial washnya muka aku jd ngerasa kering bgt, terus pake cream day nya juga ngerasa kering gtu kadang ada kulit yg mengelupas tp gak banyak, pdhal kulit aku sbnernya lembab, tp stelah pake jd kering, kira" aku terusin atau berhenti? Klo masalah putih sih aku ngerasa putihan dikit hehe mohon jawabannya ya kak terimakasih 🙏

    ReplyDelete
  78. Assalamualaikum kak umurku 22 tahun biasanya aku cuma pakek produk wardah lightening gantle wash,pelembab yg perfect bright sama bedak padatnya aja
    Terus 1 minggu ini aku pakek wardah white secret day dan night
    Tapi kenapa wajahku semakin kusam ya kak??

    Makasihh

    ReplyDelete
  79. Kak kan aku pakek wardah white secret udah ada setengah taun, nah klo gak pakek serumnya pasti di pinggiran kanan kiri hidung kering dan kulit ngelupas, aslinya cocok2 aja klo pakek krimnya, tapi yg buat sakit itu pinggiran hidungnya kering. Soalnya klo pakek serum trs takut ketergantungan.

    ReplyDelete
  80. aku baru beli wardah pure trratment essence nya kok nggak wangi ya, gak enak aja bau nya.
    apa memang seperti itu?

    ReplyDelete
  81. Kak, aku 1minggu pakai sabun cuci.muka wardah white secret tapi kulit ku kering jd klo pake bedak kaya bekas iler gitu kak trs disamping2 hidung aku kulitnya kaya kering mau ngelupas gitu trs kluar bruntus gitu, kira2 itu emg efek awal apa emg gak cocok ya kak?

    ReplyDelete
  82. ka ak beli day/ night creak white secret wardah tpi d online am store prak belakng ny ko beda ya..yg d store ad nm pt ny..tpi d online gx ad pt ny mbk .itu asli ap plz ya

    ReplyDelete