Sunday 27 December 2015

Tugas 1 Ekonomi Moneter

TUGAS 1
1.      Jelaskan fungsi uang dalam kegiatan perekonomian.
2.      Jelaskan usaha yang dijalankan oleh Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat.
3.      Jelaskan perbedaan teori permintaan uang menurut Teori Klasik dan Keyes.


JAWABAN TUGAS 1
1.      Fungsi uang dalam kegiatan perekonomian yaitu:
a)      Uang sebagai alat tukar menukar (Medium of exchange). Dalam sistem pertukaran barter, uang mensyaratkan adanya double coincidence. Dengan adanya “uang” yang diterima secara umum sebagai alat tukar, maka syarat double coincidence tersebut menjadi tidak relevan lagi.
b)      Uang sebagai satuan nilai (measure of value). Dalam fungsinya uang sebagai satuan pengukur nilai, maka setiap barang yang dipertukarkandapat dinilai dengan satuan uang tertentu.
c)      Uang sebagai standart atau ukuran pembayaran yang tertunda (standart for deferred payments)
d)     Uang sebagai alat penyimpanan nilai dan kekayaan (store of value and store of wealth). Sebagai penyimpanan nilai atau kekayaan, uang digunakan untuk mengalihkan daya beli dari masa sekarang ke masa yang akan datang.

2.      Usaha yang dijalankan oleh Bank Umum:
a)      Penciptaan uang. Uang yang diciptakan bank umum adalah uang giral, yaitu alat pembayaran lewat mekanisme pemindahbukuan (kliring).
b)      Mendukung kelancaran mekanisme pembayaran.  Salah satu jasa yang ditawarkan bank umum adalah jasa-jasa yang berkaitan dengan mekanisme pembayaran.
c)      Penghimpunan dana simpanan masyarakat. Dana yang berhasil dihimpun akan disalurkan kepada pihak yang membutuhkan, utamanya melaui penyaluran kredit.
d)     Mendukung kelancaran transaksi Internasional.
e)      Penyimpanan barang-barang berharga.
f)       Pemberian jasa-jasa lainnya. Seperti pembayaran listrik, pembayaran  telepon, pembelian pulsa seluler, pengiriman uang melalui ATM, pembayaran gaji pegawai dan lain-lain.
Usaha yang dilakukan Bank Perkreditan Rakyat adalah:
a)      Menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan berupa deposito berjangka, tabungan dan/atau bentuk lainnya yang dipersamakan dengan itu;
b)      Memberikan kredit;
c)      Menyediakan pembiayaan dan penempatan dana berdasarkan Prinsip Syariah, sesuai denganketentuan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia
d)     Menempatkan dananya dalam bentuk Sertifikat Bank Indonesia, deposito berjangka, sertifikat deposito dan atau tabungan pada bank lain.
Kegiatan usaha yang dilarang dilakukan oleh BPR:
a)      Menerima simpanan berupa giro dan ikut serta dalam lalu lintas pembayaran;
b)      Melakukan kegiatan usaha dalam valuta asing;
c)      Melakukan penyertaan modal;
d)      Melakukan usaha perasuransian;
e)      Melakukan usaha lain diluar kegiatan usaha yang dapat dilakukan oleh BPR.

3.      Teori permintaan uang Klasik mula-mula diperkenalkan oleh Irving Fisher dengan toeri kuantitas uangnya. Faktor yang menentukan permintaan uang dijelaskan dengan menggunakan teori kuantitas (quantity theory) dan teori sisa tunai (cash balance theory). Untuk pendekatan Cambridge aspek aspeknya meliputi ketidakpastian (uncertainly) dan harapan (expectation). Sedangkan teori permintaan uang menurut Keynes  mengemukakan sesuatu yang berbeda dangan teori permintaan uang klasik. Perbedaan utama antara pendekatan Keynes dan Klasik adalah pada fungsi uang. Keynes berpendaoat bahwa fungsu uang tidak hanya sebagai media pertukaran (medium of change) tetapi juga sebagai penyimpan nilai (a store of value).

No comments:

Post a Comment