Tuesday 15 January 2019

Mengenal Posisi Kerja Sales and Marketing Hotel


Posisi pekerjaan ini adalah hal paling penting di dalam organisasi perusahaan. Divisi sales and Marketing bisa dikatakan sebagai ujung tombak aktivitas operasional hotel. Dari divisi sales and marketing inilah unit hotel akan mendapatkan tamu, maka tak heran jika karyawan di divisi sales and marketing ini sering berada di luar ruangan. Selain itu tugas sales and Marketing juga harus bisa mengembangkan dan mempertahankan hubungan bisnis yang baik dengan klien maupun antar department. Dilansir dari hotelier.co.id, Yuk kita mengenal lebih jauh mengenai posisi kerja di divisi sales and marketing.

Beberapa posisi kerja di divisi sales and marketing :

Public Relation Officer
Public Relation Officer ini adalah seorang karyawan yang bertugas memberikan informasi yang berkaitan dengan event ataupun promosi yang akan dibuat oleh unit hotel kepada media. Selain itu seorang PR akan selalu berkunjung ke perusahaan lain untuk bersilaturahmi sekaligus menawarkan kerja sama antara pihak hotel dengan perusahaan lain. Jika kamu adalah seorang yang pandai berbicara di depan publik dan bisa berkomunikasi secara aktif serta berwawasan luas,  posisi kerja sebagai PR ini cocok buat kamu.

Staff sales E-commerce
Staff sales e-commerce ini bertugas untuk mempromosikan dan menjual kamar hotel melalui media online seperti membuat content website unit hotel, membuat iklan elektronik di media sosial serta menjalin hubungan dengan Online Tour Agent. Selain itu tugas sales e-commerce ini adalah melakukan penjualan kamar melalui website hotel sehingga calon tamu bisa melakukan booking secara online. Jika kamu adalah seorang yang suka surfing di internet, bisa broadasting ,senang menulis artikel khususnya artikel advertorial dan bisa membuat bahan promosi secara online, posisi kerja sebagai sales e-commerce ini cocok buat kamu.

Account Officer / Sales Executive
Staff Account Officer / Sales Executive ini bertugas untuk melakukan kegiatan sales dengan cara mengunjungi perusahaan-perusahaan secara langsung maupun dengan telepon. Selain itu seorang AO / SE juga akan mencari relasi bagi unit hotel agar unit hotel bisa mendapatkan tamu. Wilayah kerja seorang AO /SE ini sangat luas sehingga tak jarang seorang AO/ SE bisa pergi sampai keluar kota. Buat kamu yang senang bertemu orang lain dan senang adventure, posisi kerja sebagai AO/SE ini cocok buat kamu.

Sales and marketing Manager
Seorang manager di divisi sales and marketing ini bertugas untuk membuat sebuah promosi ,event, maupun branding unit hotel. Selain itu seorang Sales and Marketing Manager ini juga bertugas untuk mengontroll pekerjaan dari ketiga posisi kerja di bawahnya sehingga aktivitas operasional di divisi sales and marketing berjalan dengan baik.
Adapun pekerjaan yang dilakukan oleh divisi sales and marketing adalah :
1. Melakukan sales visit atau kunjungan keluar untuk mencari relasi seperti perusahaan dan instansi pemerintah
2. Melakukan sales call atau menawarkan kamar melalui sambungan telepon
3. Merencanakan aktivitas promosi maupun event di unit hotel
4. Melakukan kerjasama dengan perusahaan media cetak maupun media elektronik sebagai sarana kegiatan promosi dan pemasangan iklan
5. Menjaga tingkat occupancy unit hotel agar tetap stabil
6. Merencanakan target penjualan kamar secara monthly

Itulah beberapa paparan untuk mengenal posisi kerja di divisi sales and marketing. Posisi kerja apapun kalau dilakukan dengan sungguh-sungguh akan membuat pengetahuan dan skillmu bertambah sehingga kamu akan semakin berpengalaman.


No comments:

Post a Comment