Wednesday 9 March 2016

Pantai Kelayang, pusat perburuan Gerhana Matahari Total di pulau Belitung



Dengan pasir putih, laut yang jerih, dan ombak yang bersahabat, Pantai Kelayang merupakan salah satu kawasan wisata utama Pulau Belitung.
Tetapi hari-hari ini Pantai Kelayang jauh lebih ramai dari biasanya.
Sebuah panggung raksasa didirikan di arena yang memang sering digunakan untuk pertunjukkan massal. Tenda kehormatan dengan kursi-kursi ukir sudah disiapkan sejak Senin (7/5).
Sistem tata suara diuji coba sejak siang, menciptakan kebisingan yang menenggelamkan deru angin dan bunyi air laut yang menghempas pantai.
Presiden Jokowi diagendakan berada di sini, untuk ikut menyaksikan Gerhana Matahari Total, tanggal 9 Maret besok.

Kendati beredar kabar, bahwa kedatangan Presiden mungkin dibatalkan, banyak warga mengatakan tetap akan datang ke Pantai Kelayang, karena Jokowi.
“Kapan lagi, bisa ketemu Jokowi,” kata Rosita, seotang warga Tanjung Pandan, yang sore itu datang bersama ibunya dan dua anaknya.
“Nanti mau menyewa mobil besar, rombongan keluarga, mungkin 20 orang, buat lihat gerhana matahari, sama lihat Jokowi sekalian. Moga-moga bisa salaman,” tambahnya pula, sambil tertawa.
Tak cuma pantai
Pantai dan puncak bukit merupakan titik-titik favorit perburuan gerhana. Di Pulau Belitung disiapkan 12 titik khusus pengamatan: tujuh di Kabupaten Belitung, lima di Kabupaten Belitung Timur.
Dan Pantai Kelayang merupakan pusatnya. Selain rencana kehadiran Jokowi, di sini juga akan berlangsung berbagai pertunjukkan: musik tarian, puisi.
Menghadirkan antara lain ikon sastra Belitung, Andre Herata. Tokoh Belitung lain yang sangat terkenal, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, masih belum jelas apakah akan mudik untuk GMT.
Tetapi sebetulnya, di sekitar Belitung ini, apalagi di Tanjung Pandan, Gerhana bisa dilihat dari mana saja, kalau cuaca bagus dan pandangan tak terhalang, kata Margiono, dari BMKG Tanjung Pandan.


“Memang, puncak Bukit menjadi favorit karena ketinggiannya, dan pantai karena keluasan horisonnya.” kata Margiono pula.
Di seluruh pantai utara Belitung, pengamatan bisa dilakukan dengan baik, asal mengarah ke timur.
Namun, Margiono menjelaskan, saat gerhana mulai terjadi, pukul 07;20, “permulaan gerhana memang ketinggian matahari berada pada sekitar 5 derajat."
"Tapi kalau pas gerhana matahari totalnya, ketinggian matahari nanti akan sekitar 20-21 derajat. Jadi bisa dikatakan, kita di Belitung ini bisa melihat dari mana saja. Yang penting arahnya ke timur, katanya.

Margiono mengungkapkan pula, selain teloskop, BMKG memasang juga magnetograph di Belitung, untuk mengukur apakah ada perubahan magnet bumi saat terjadinya Gerhana Matahari total.

No comments:

Post a Comment