Metode akumulasi berdasarkan pesanan dikenal dengan istilah aslinya,
yaitu Job-order costing. Metode ini hanya dapat diterapkan pada
perusahaan-perusahaan yang memproduksi produk atau jasa berdasarkan pesanan.
Adapun karakteristik job-order costing
adalah sebagai berikut.
1. Jasa atau produk yang diproduksi sangat bervariasi, sesuai pesanan.
2. Biaya diakumulasi per pesanan setiap kali satu pesanan selesai
dikerjakan.
3. Biaya per unit dihitung dengan cara membagi total biaya pesanan dengan
jumlah unit produk yang diproduksi untuk pesanan bersangkutan.
4. Setiap komponen biaya produksi dapat diidentifikasi langsung ke
masing-masing pesanan, kecuali biaya bersifat umum dan bersama, misalnya overhead. Oleh karena itu, dalam job-order costing biaya produksi
diklasifikasikan menjadi biaya bahan baku langsung, biaya tenaga kerja
langsung, dan overhead.
5. Setiap pesanan harus dibuatkan kartu pesanan untuk mencatat
setiap biaya yang dibebankan untuk pesanan bersangkutan.
Ketika menerima pesanan, perusahaan harus segera mencatat kualifikasi
produk yang dipesan secara cermat dan rinci. Kemudian dimasukkan ke dalam kartu
biaya pesanan. Kartu biaya
pesanan adalah sebuah dokumen yang dipergunakan untuk mengakumulasi setiap
biaya yang dibebankan ke pesanan tertentu dalam sebuah metode akumulasi biaya
berdasarkan pesanan.
Perusahaan harus sudah memiliki sistem yang memadai
untuk menghitung perkiraan biaya yang akan dikeluarkan untuk memproduksi
pesanan tersebut dan perkiraan laba kotor yang diinginkan sehingga dengan
segera dapat memberikan informasi tentang harga pesanan ke pelanggan.
Masalah akuntansi dalam metode akumulasi biaya
berdasarkan pesanan mencakup berikut ini.
1. Akuntansi untuk bahan baku: mencakup pencatatan baik pada saat pembelian
maupun pada saat pemakaian.
2. Akuntansi untuk tenaga kerja: mencakup pencatatan pada saat terjadinya,
saat distribusi, dan pada saat pembayaran.
3. Akuntansi untuk biaya overhead
pabrik: mencakup pencatatan pada saat pembebanan (didahului menghitung tarif),
saat pencatatan overhead aktual, dan
pada saat menghitung dan menutup di akhir periode.
4. Akuntansi untuk Penyelesaian Pesanan.
5. Akuntansi untuk penjualan: mencakup pencatatan pada saat penyerahan
barang dan pada saat pengakuan pendapatan.
Untuk memperjelas pemahaman
anda, berikut ini contoh soal untuk anda pelajari :
Soal 1
PT. Indah Cipta meruapakan
sebuah produsen yang menerima pesanan pembuatan keramik. Beberapa transaksi
yang terjadi pada bulan Agustus 2011 adalah swbagai berikut:
1 Agustus. Dibeli material
secara kredit Rp59.000.000
3 Agustus. Material dipakai
seharga Rp48.000.000 terdiri dari:
·
Rp41.000.000 untuk membeli bahan baku langsung yang dipergunakan untuk
mengerjakan Job#007 = Rp5.500.000, JoB#008 = Rp31.000.000, dan Job #009 =
Rp4.500.000.
·
Rp7.000.000 untuk membeli bahan baku tidak langsung.
6 Agustus. Gaji dan upah
yang harus dibayarkan sebesar Rp52.000.000 terdiri dari:
·
Rp42.000.000 untuk membayar tenaga kerja langsung yang dipergunakan
untuk mengerjakan Job#007 = Rp. 6.500.000, Job#008 = Rp30.250.000, dan Job#009
= Rp5.250.000.
·
Rp10.000.000 untuk membayar tenaga kerja tidak langsung.
Berdasarkan transaksi pada tanggal 3 sampai dengan
tanggal 6 Agustus 2011 tersebut, anda diminta untuk membantu PT. Indah Cipta
untuk mencatat transaksi-transaksi tersebut kedalam buku jurnal umum.
Petunjuk Jawaban Latihan
Tgl
|
Akun-akun
|
Debit
|
Kredit
|
||
1.
|
Sediaan
Bahan Baku
|
Rp59.000.000
|
|
||
|
Utang
Usaha
|
|
Rp59.000.000
|
||
Mencatat pembelian bahan baku secara kredit
|
|||||
2.
|
Biaya Overhead Aktual
Barang
Dalam Proses Job#007
Barang
Dalam Proses Job#008
Barang
Dalam Proses Job#009
|
Rp7.000.000
Rp5.500.000
Rp31.000.000
Rp4.500.000
|
|
||
|
Sediaan
Bahan Baku
|
|
Rp48.000.000
|
||
Mencatat pemakaian bahan baku ke masing-masing
job
|
|||||
3a
|
Gaji dan
Upah
|
Rp52.000.000
|
|
||
|
Utang
Gaji dan Upah
|
|
Rp52.000.000
|
||
Mencatat gaji dan upah yang terutang
|
|||||
3b
|
Biaya Overhead Aktual
Barang
Dalam Proses Job#007
Barang
Dalam Proses Job#008
Barang
Dalam Proses Job#009
|
Rp10.000.000
Rp6.500.000
Rp30.250.000
Rp5.250.000
|
|
||
|
Gaji dan
Upah
|
|
Rp52.000.000
|
||
Mencatat pendistribusian Gaji dan Upah
|
|||||
3c
|
Utang
Gaji dan Upah
|
Rp52.000.000
|
|
||
|
Kas
|
|
Rp52.000.000
|
||
Mencatat pembayaran utang gaji dan upah
|
|||||
No comments:
Post a Comment