Thursday, 14 April 2016

Tugas 3 Akuntansi Manajemen


JAWABAN TUGAS 3
JAWABAN SOAL 1

Divisi Minyak Goreng
Divisi Detergen
2013


Penjualan
Rp.180.000.000,-
Rp.240.000.000,-
Laba Operasi
Rp.7.600.000,-
Rp.10.800.000,-
Rata-rata Aset Operasi
Rp.40.000.000,-
Rp.60.000.000,-

a.       Margin divisi Minyak Goreng dan Divisi Detergen adalah…
b.       Perputaran asset (asset turnover) divisi minyak goreng dan divisi detergen adalah….
c.        Return n Investment (ROI) divisi minyak goreng dan divisi detergen adalah….
d.       Jika tarif kembalian minimal (minimum rate of return) 15% maka penghasilan residu divisi minyak goreng dan divisi detergen adalah….

No
Divisi Minyak Goreng
Divisi Detergen
Margin ( = laba / penjualan)
7.600.000 / 180.000.000 = 4,22%
10.800.000 / 240.000.000 = 4,5%
ATO ( = Penjualan / Asset )
180.000.000 / 40.000.000 = 4,5%
240.000.000 / 60.000.000 = 4%
ROI ( = Laba / Asset = Margin x ATO )
7.600.000 / 40.000.000 = 19%
10.800.000 / 60.000.000 = 18%


JAWABAN SOAL 2

Aktivitas
Penggerak Aktivitas
Jumlah Standar
Jumlah Aktual
Standar Kos
Pembelian Peralatan
Pesanan
3.000
3.700
Rp.200.000,-
Perakitan Peralatan
Jam tenaga kerja
150.000
180.000
Rp.5.000,-
Administrasi Peralatan
Jumlah peralatan
15.000
30.000
Rp.40.000,-
Pemeriksaan Peralatan
Jam pemeriksaan
0
60.000
Rp.7.000,-

Siapkan laporan kos bernilai tambah, kos tidak bernilai tambah, dan kos aktual tiap aktivitas!

1.       Kos aktifitas bernilai tambah ( = SQ x SP )
Pembelian            =    3.000     x   200.000      =    600.000.000
Perakitan               = 150.000    x       5.000       =    750.000.000
Administrasi          =   15.000    x     40.000      =    600.000.000
Pemeriksaan        =            0    x       7.000         =                      0   +
Total kos                                                               = 1.950.000.000
2.       Kos aktifitas tidak bernilai tambah ( = AQ -  SQ ) x SP)
Pembelian            = ( 3.700 – 3.000 )               x   200.000            =    140.000.000
Perakitan               = ( 180.000 – 150.000 )      x       5.000              =    150.000.000
Administrasi          = ( 30.000 – 15.000)           x     40.000            =    600.000.000
Pemeriksaan        = ( 60.000 – 0)                      x       7.000              =    420.000.000   +
Total kos                                                                                               = 1.310.000.000
3.       Kos aktual tiap aktivitas ( = Kos aktifitas bernilai tambah + Kos aktifitas tidak bernilai tambah)
Pembelian            = 600.000.000 + 140.000.000                          =    740.000.000
Perakitan               = 750.000.000 + 150.000.000                          =    900.000.000
Administrasi          = 600.000.000 + 600.000.000                          =  1.200.000.000

Pemeriksaan        =                     0 + 420.000.000                           =    420.000.000   +
Total kos                                                                                               = 3.260.000.000





1 comment:

  1. 1 Berikut ini neraca perusahaan jasa per 31 desember 2019
    Keterangan (Rp)
    Kas
    Piutang usaha
    Biaya dibayar dimuka (sewa kendaraan)
    Jumlah harta lancar
    Aktiva tetap
    Akumulasi penyusutan
    Harta tetap bersih
    Total harta
    Utang jangka panjang, bunga 20% pertahun
    Modal saham
    Laba ditahan
    Total utang dan modal 1.100
    1.600
    5.000
    7.700
    3.500
    1.100
    2.400
    10.100
    2.000
    5.000
    3.100
    10.100
    Data akuntansi yang tersedia untuk membuat anggaran adalah sbb:
    1. Catatan : penjualan tiket bulan Desember 2019 Rp4.000,-. Rencana penjualan tahun 2020 : bulan Januari Rp5.000,- dan Februari Rp8.000,-. Penjualan kredit 40% dan sisanya tunai. Seluruh piutang ditagih pada bulan berikutnya sesudah terjadinya penjualan.
    2. Biaya karyawan pusat Rp500,- dan biaya kantor Rp300,- ; biaya karyawan divisi operasi Rp600,- dan biaya kantor divisi operasi Rp200,- ; biaya karyawan divisi marketing Rp700,- dan biaya kantor divisi marketing Rp100,- ; komisi salesman 15% dari penjualan. Semua biaya pada akhir bulan dibayar tunai.
    3. Bulan Januari membeli kendaraan secara tunai Rp1.300,-, biaya lain-lain 5% dari penjualan dan sewa gudang Rp200,- masing-masing dibayar tepat pada waktunya. Diperhitungkan beban amortisasi biaya dibayar dimuka Rp500,-, dan penyusutan harta tetap termasuk gedung kantor Rp50,- per bulan.
    4. Safety cash ditetapkan Rp1.000,-pada akhir tiap bulan. Pinjaman untuk menutup kekurangan kas dengan bunga 18% per tahun dengan kelipatan Rp100,-.
    5. Angsuran utang jangka panjang per bulan Rp100,-, bunga dibayar tunai pada setiap akhir bulan, pajak perseroan 50% terutang.
    Pertanyaan : Buatlah anggaran induk sampai dengan bulan Februari 2020

    bantu ngerjain ini donk kak..

    ReplyDelete