Monday 30 May 2016

Kuliah di UT? Kenapa Tidak?

Kuliah di UT? Kenapa Tidak? Jika anda seorang PNS, atau mungkin pegawai swasta yang siangnya harus bekerja di kantor, atau mempunyai kesibukan yang luar biasa sehingga waktu anda hanya sedikit, lalu anda ingin terus belajar di lingkungan formal tanpa mengenal batas usia, maka UT adalah pilihan yang tepat.

                                              kuliah UT

UT, atau Universitas Terbuka, adalah Perguruan Tinggi Negeri di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (sekarang di bawah Kemenristekdikti), yang memberikan kesempatan kepada semua orang, tanpa mengenal batas usia, untuk melanjutkan pendidikan tinggi dalam berbagai jenjang.
  
Saya mengenal UT awalnya dari teman saya, yang kuliah di UT juga. Saya masuk UT di bulan Juni tahun 2013 lalu. Awal mula mendaftar, saya menggunakan ijazah SMK saya.


Bagaimana Proses Perkuliahan di UT?


Inilah yang paling saya suka dari UT, kuliahnya yang sangat fleksibel. Ada beberapa paket pilihan kuliah di UT, bisa memakai Sistem Paket Semester (SIPAS), atau bisa juga mengambil sesuka suka kita mau berapa SKS yang kita ambil. Sebenarnya masih ada pilihan paket yang lain, cuma saya gak hafal ^_^.

Saya memilih sistem perkuliahan yang paling fleksibel. Awal mula kuliah saya ambil 18 sks kalo nggak salah sesuai dengan katalog kurikulumnya. Biaya kuliah per SKS waktu itu masih 36 ribu rupiah per SKS untuk S1 Manajemen, biaya tersebut kalo kita registrasi langsung ke pusat. Tapi berhubung saya ikut PBI UT Bojonegoro jadi saya perlu membayar 1.700.000 untuk semester pertama. Kemudian semester selanjutnya saya membayar 85.000 per SKS.

Kita bisa memilih berapa mata kuliah yang mau kita ambil, menyesuaikan dengan budget anggaran kita dan juga waktu kita. Saat budget kita cuma sedikit, kita bisa ambil beberapa SKS saja. Pun jika waktu kita cuma sedikit, tak usah ambil banyak banyak.

Trus, gimana cara kuliahnya?


Kuliahnya kalo kita daftarnya di PBI UT maka kita akan menjalani kuliah seperti pada umumnya, disini kita menyebutnya bukan antara dosen dengan mahasiswa tapi lebih ke tutor dengan mahasiswa.

Sebagai pengganti TTM adalah Tuton (Tutorial Online). Tuton ini adalah metode kuliah online, dengan jangka waktu selama 8 minggu. Tiap minggu Tutor/Dosen akan memberikan materi kuliah lewat online dan juga diskusi online. Selanjutnya, dari 8 minggu itu, pada minggu ke 3, 5, dan 7 tutor akan memberikan tugas-tugas yang harus kita kirimkan. untuk link nya ini dia http://elearning.ut.ac.id

Tuton ini 100% gratis, tinggal registrasi saja di situs UT lalu mendapatkan username dan juga menentukan password.

Tuton kedudukannya sama dengan TTM. Tuton dan TTM memiliki bobot nilai 30%, sedangkan nilai ujian memiliki bobot nilai 70%. Jadi jika ingin nilai bagus di UT, maka Tuton atau TTM wajib diikuti.

IPK di UT = 30% nilai Tuton/TTM + 70% Nilai Ujian

Jika sudah mengikuti TTM, maka tidak ikut Tuton pun tak masalah karena sudah mendapatkan bobot nilai 30%. Demikian juga sebaliknya, dengan Tuton, tidak ikut TTM juga tak masalah.


Jadi tidak usah capek capek pulang kerja, kuliah sampai jam 10 malam. Cukup buka komputer, koneksi internet, kita bisa kuliah jam berapa pun, kapan pun dan di manapun selama 8 minggu.

Setelah selesai 8 minggu, tinggal datang saja ke UT/tempat yang ditentukan untuk mengikuti ujian. Ujian juga bisa dilaksanakan secara Online dengan SUO (Sistem Ujian Online). SUO dilaksanakan di kantor UPBJJ UT. Dengan SUO, nilai langsung keluar setelah ujian selesai.

Bagaimana dengan Buku-buku?

Buku-buku sangat penting untuk menunjang pembelajaran kita di UT. Kuliah di UT adalah belajar mandiri sehingga peran buku-buku sangat krusial.

Materi-materi yang diberikan dalam Tuton biasanya hanya ringkasan singkat sehingga untuk memahami materi secara utuh perlu buku materi yang lebih lengkap penjelasannya.

Buku-buku materi kuliah telah disediakan oleh UT dalam bentuk modul-modul pembelajaran. Modul-modul ini dapat kita beli di Toko Buku Online Karunika, ada di situs resmi UT. Selain beli, bisa juga pinjam ke teman yang pernah kuliah di UT.

Sebelum membeli modul, pastikan dulu apakah modul tersebut masih dipakai atau ada modul yang lebih baru.

Apakah sulit dapat IPK bagus di UT?

Sebenarnya, IPK ini tergantung bagaimana cara kita belajar dan mengikuti kuliah. Mendapatkan IPK bagus di UT tidaklah sulit. Kuncinya adalah mau belajar dan mau mengikuti proses perkuliahan yang telah ditentukan.

Salah satu dari Tuton atau TTM harus diikuti karena kontribusinya adalah 30% dari IPK. Selain itu, jika Tuton yang dipilih, maka kita harus rajin aktif dalam diskusi online dan juga mengerjakan semua tugas yang diberikan oleh Tutor.

Membaca modul juga wajib jika ingin mendapatkan IPK yang bagus. Materi ujian tidak akan menyimpang dari materi yang ada di dalam Modul. Pelajari saja isi modul, insyaalloh ujian lancar dan nilai IPK di atas 3,5 tidaklah sulit.

Bagaimana Proses Wisuda?


Tidak semua mahasiswa UT yang lulus dapat ikut wisuda. Mahasiswa yang ikut wisuda ditentukan oleh UT, biasanya berdasarkan nilai IPK. Jika nilai IPK bagus, maka mahasiswa akan mendapatkan undangan untuk mengikuti wisuda.

Kelebihan-kelebihan Kuliah di UT


Dari uraian  singkat saya di atas, sebenarnya sudah terbaca kelebihan-kelebihan kuliah di UT

#1. Waktu yang Fleksibel


Kuliah di UT ini sangat cocok bagi PNS ataupun karyawan. Waktu kuliah dapat diatur sesuka suka kita. Apa lagi jika menggunakan sistem Tuton.

Jika menggunakan TTM, biasanya perkuliahan dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu yang tidak mengganggu hari kerja. Ujian di UT juga dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu.

#2. Biaya yang Murah


Biaya kuliah di UT masih terbilang murah. Saat ini saya sudah lulus dari UT, jadi tidak tahu persis berapa biaya per SKS. Tapi,  terakhir saya kuliah, Semester I 2015 ini, biaya per SKS untuk S1 Akuntansi sekitar 45ribu per SKS.

Biaya SKS untuk akuntansi termasuk yang paling mahal di antara jurusan yang lain.

Pertama kali masuk kuliah pun, biaya yang saya keluarkan hanya untuk biaya jaket almamater dan biaya SKS, tidak ada biaya tambahan ini itu yang macam-macam.

#3. Tidak Mengenal Batas Usia


Berapapun usia anda, 70 tahun, 80 tahun, atau mungkin 1000 tahun (jika ada hehehe), bisa kuliah di UT tanpa ada batasan. Anda bisa kuliah sebebas-bebasnya pada umur berapapun. Sesuai dengan namanya, Universitas Terbuka, kampus ini benar-benar terbuka untuk semua lapisan.

Bagi anda yang saat ini berada di luar negeri juga bisa mengikuti perkuliahan di UT.

#4. Perguruan Tinggi Negeri


UT adalah salah satu PTN dengan akreditasi yang sudah diakui oleh Kemenristekdikti. Dengan kuliah di UT, anda tidak perlu khawatir dengan status kampus abal-abal yang statusnya tidak jelas. UT statusnya sangat jelas dan sangat diakui.

#5. Ada juga Beasiswa


Sama seperti perguruan tinggi negeri lainnya, tersedia juga beasiswa kuliah di UT, seperti beasiswa BIDIKMISI, beasiswa BBP PPA, dan yang lainnya.

Itulah tadi sharing pengalaman saya kuliah di UT. Tentu saja, kuliah di UT adalah sebuah pilihan. Jika anda lebih suka kuliah di perguruan tinggi lain, tentu saja itu adalah pilihan yang bagus. Tapi pilihan kuliah di UT juga bukan sesuatu yang buruk.

Mau kuliah di UT atau yang lain adalah pilihan anda. Namun, bahwa saya pernah memilih untuk kuliah di UT, tidak di perguruan tinggi lain, adalah pengalaman berkesan saya yang tidak pernah saya sesali sama sekali.

Toh, dengan belajar sendiri membaca buku modul-modul yang anda, saya dapat ilmu juga dari sana.

Poin terpentingnya adalah, jangan pernah berhenti untuk belajar. Selamat melanjutkan pendidikan anda.

More info http://www.ut.ac.id

2 comments:

  1. Mbak misal satu matkul udah ikut ttm terus ikut tuton matkul yg sama ga mslh kan ya ?

    ReplyDelete
  2. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama KUSUMA asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    ReplyDelete