Monday 20 June 2016

Kebiasaan Yang Harus Dilakukan Untuk Mencegah Timbulnya Jerawat di Wajah

Jerawat merupakan salah satu masalah umum yang terjadi terutama ketika memasuki masa remaja. Meskipun begitu tidak sedikit juga orang dewasa yang mengalami wajah berjerawat.




Pada kasus yang seperti ini biasaya akan menimbulkan masalah psikologis berupa kurangnya kepercayaan pada diri sendiri atau bisa dikatakan rasa percaya diri kita akan menurun. Tentunya kita semua tidak mau kan wajah kita ditumbuhi oleh jerawat? Untuk itu dalam artikel kali ini kita akan memberikan tips atau kebiasaan yang harus kita lakukan untuk mencegah timbulnya jerawah diwajah kita.

1. Cuci Muka Setelah Tidur

Mencuci muka setelah tidur merupakan suatu yang harus kita lakukan pertama kali setelah bangun tidur. Karena saat tidur kulit akan bekerja lebih selama semalaman yang tentunya juga mengeluarkan kotoran kotoran kecil yang tidak kasat mata. Apalagi setelah penggunaan night cream di malam harinya. Tentunya kotoran yang menempel dibantal akan berpindah kekulit wajah kita. Untuk itulah sangat penting mencuci muka setelah tidur agar bakteri penyebab jerawat tidak berkembang biak di atas wajah kita.
Berbicara mengenai produk facial wash apa yang bagus untuk kita gunakan sista tidak perlu khawatir, saya memiliki rekomendasi facial wash yang sangat ringan di kulit. Check this out.........

Detail Produk
Pembersih wajah dengan ekstrak Orange dan Vitamin C yang berfungsi membersihkan wajah yang kusam dan lelah, serta menjadikannya halus dan bersinar. Ideal digunakan untuk tipe kulit kombinasi dan berminyak

Deskripsi Produk
It's Skin Have A Orange Cleansing Foam Pembersih Wajah merupakan pembersih wajah dengan ekstrak Orange dan Vitamin C yang berfungsi untuk membersihkan wajah yang kusam dan lelah, serta menjadikannya halus dan bersinar. Ideal digunakan untuk tipe kulit kombinasi dan berminyak.

Dimana kita bisa mendapatkan produk tersebut??? Sista bisa beli di Blibli.com lagi ada promo free voucher Rp 125.000 + 1000 Point untuk member baru.

2. Gunakan Day Cream Yang Cocok Untuk Kulitmu

Menggunakan day cream yang cocok dengan kondisi kulitmu merupakan suatu yang perlu diperhatikan. Analisa dulu jenis kulitmu, apakah termasuk yang berminyak, normal atau bahkan kering. Dari menganalisa jenis kulit maka kita dapat menentukan day cream apa yang cocok untuk kita gunakan. 
Untuk sista yang memiliki masalah flek hitam diwajah sekaligus yang ingin mencerahkan wajah mungkin bisa saya rekomendasikan untuk menggunakan SK-II Whitening Spots Care & Brighten.

Detail Produk
Serum pencerah wajah
Tekstur cream mudah diserap
Memberikan vitamin sepanjang hari untuk membantu memudarkan bintik-bintik
Meningkatkan kecerahan pada kulit dan Kulit menjadi lebih cerah dan lebih bercahaya
Berat : 25 gr

Deskripsi Produk
SK-II Whitening Spots Care & Brighten Day Cream Serum Wajah [25 gr] merupakan serum wajah yang bekerja hingga 12 jam yang memberikan vitamin sepanjang hari untuk membantu memudarkan bintik-bintik dan meningkatkan kecerahan pada kulit sehingga kulit menjadi lebih cerah dan lebih bercahaya.

Dimana kita bisa mendapatkan produk tersebut??? Sista bisa beli di Blibli.com lagi ada promo free voucher Rp 125.000 + 1000 Point untuk member baru.

Kalo yang dompetnya mahasiswa mungkin bisa menggunakan krim yang satu ini, yaitu POND'S Flawless White Lightening Day
Dimana kita bisa mendapatkan produk tersebut??? Sista bisa beli di Blibli.com lagi ada promo free voucher Rp 125.000 + 1000 Point untuk member baru.

3. Gunakan Sunblock di Siang Hari

Perlindungan kulit yang tepat, selain menggunakan produk terpercaya juga harus memperhatikan 'rules' selama proses pemakaiannya.

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan sebelum menggunakan sunscreen adalah melihat jumlah kandungan SPF yang ada di dalamnya. Untuk kulit perempuan Indonesia, SPF 15 sudah cukup untuk melindungi kulit dari paparan langsung sinar UV. Walaupun bentuknya menyerupai lotion yang kita gunakan sehari-hari, namun cara pemakaiannya tentu berbeda.

Gunakan sunscreen sekitar 15-30 menit sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan. Cara ini berguna untuk memaksimalkan cara kerja dari sunscreen yang kamu gunakan. Menggunakan sunscreen kurang dari waktu tersebut, akibatnya kulit tidak akan terlindungi dengan maksimal dari efek sinar UV. Inilah yang menyebabkan mengapa kulit kita mudah terbakar atau iritasi walaupun sudah menggunakan sunscreen.

Hal lainnya yang perlu kita cermati adalah, pemakaian sunblock tidak cukup hanya sekali oles saja, Fimelova. Ulangi pemakaian sunscreen selama 2 jam sekali. Dan jangan lupakan bagian tubuh yang tersembungi juga ya, seperti telinga, leher, dan bagian belakang leher.

Lalu apa sih manfaat dari sunscreen tersebut? Mengapa kita wajib menggunakannya?

Sinar Ultraviolet (UV) adalah sinar tidak tampak yang merupakan bagian energi yang berasal dari matahari. Sinar UV dapat membakar mata, rambut, dan kulit jika bagian tubuh tidak dilindungi, atau jika kamu terlalu banyak terkena sinar matahari. Bahaya dari sinar UV yang sering kita dengar salah satunya adalah rentan terkena kanker kulit. Namun, sebelum itu terjadi, kulit akan mengalami proses kerusakan secara bertahap, di antaranya adalah penuaan sebelum waktunya.

Perempuan terlihat lebih tua dari usianya

Kasus yang sering terjadi pada perempuan adalah usia kulit lebih tua dari usia sebenarnya. Misalnya, A berusia 25 tahun, namun usia kulit tubuh atau wajahnya sudah berusia 35 tahun. Walaupun rutin melakukan perawatan kulit namun tidak dibarengi dengan menggunakan sunscreen, tidak akan menjaga kesehatan kulitmu dengan maksimal.

Sering beraktivitas di bawah sinar matahari tanpa pelindung kulit, akan menyebabkan kulit lebih cepat mengalami penuaan. Kulit jadi cepat berkerut dan timbul bercak-bercak hitam yang kita kenal sebagai flek hitam. Sinar UV juga bisa membuat kulit tidak mulus karena menebal atau menipis. Bisa juga muncul benjolan-benjolan kecil yang ukurannya bervariasi. Benjolan-benjolan atau flek pada kulit bisa berkembang menjadi tumor jinak bahkan kanker kulit. Khususnya pada orang yang banyak bekerja di bawah terik matahari atau sering berjemur di pantai.

Tidak heran bila bintik awal kanker kulit timbul di bagian tubuh yang terbuka seperti wajah, kepala, tangan dan bagian yang banyak terpapar sinar matahari. Sinar Matahari tidak sepanjang hari merusak kulit, sebelum pukul 09.00 pagi justru penting untuk tulang. Kita justru harus waspada pada pancaran sinar yang berlangsung sejak pukul 09.00-15.00, karena di sinilah waktu sinar matahari mengandung sinar UV yang dapat merusak kulit.

Bagaiamana dengan aktivitas di dalam ruangan? Penggunaan sunscreen apakah dibutuhkan? Meski di dalam ruangan, bukan berarti kulit tidak bisa terkena matahari, karena sinar UV dapat menembus kaca jendela. Meskipun matahari merupakan salah satu sumber vitamin D yang besar, namun tetap memiliki dampak negatif jika kulit tidak terlindungi dengan tepat. Untuk itu, penggunaan sunscreen sangat penting digunakan agar terhindar dari masalah-masalah kulit seperti di bawah ini, Fimelova.

1. Kulit Kasar

Sinar matahari menembus dan merusak sel-sel kolagen yang terdapat pada kulit. Hal ini yang menyebabkan kulit menjadi kasar dan kering. Sinar matahari juga menyerap kelembapan kulit dan mengakibatkan kulit kehilangan kelembutannya. Ketika kolagen rusak, butuh waktu berbulan-bulan hingga bertahun dapat mengembalikan seperti semula.

2. Kerutan

Hal ini merupakan salah satu efek paparan sinar matahari yang sering terjadi pada kulit kita. Ketika kolagen rusak, kulit kehilangan kelembapan dan kelembutannya, sehingga timbul kerutan pada kulit. Yang lebih mengejutkan lagi adalah 75 hingga 80 persen penuaan dini pada kulit disebabkan karena efek dari sinar matahari.

3. Flek Hitam

Ketika kulit terkena paparan sinar matahari, sel-sel melanosit memproduksi melanin, yaitu pigmen yang menghasilkan flek pada kulit, dan jika tidak diatasi dengan cepat dapat menyebabkan kulit menjadi terbakar dan menimbulkan flek hitam.

4. Kulit Terbakar

Berada terlalu lama dibawah sinar matahari dapat menyebabkan kulit menjadi merah atau terbakar. Ini terjadi karena sinar UV membakar sel-sel kulit baru yang berada pada lapisan terluar kulit.

5. Komedo


Selain karena pengaruh produk makeup yang tidak sesuai di wajah, paparan sinar matahari yang berlebih juga dapat menimbulkan komedo. Hidung dan dahi adalah area yang rentan dengan munculnya komedo. Selain memaksimalkan perlindungan kulit dengan menggunakan sunscreen, ada baiknya melindungi area kepala dengan menggunakan topi juga.

Nah lalu sunblock apa yang bagus?? Untuk sunblok baiknya sista menggunakan Sebamed Sun Care SPF50
Detail Produk
Cream
Dengan pH5.5 yang mudah diterapkan, tidak berminyak, dan tidak meninggalkan residu puith
Memiliki kandungan vitamin E, provitamin B5, dan alam hydro - fructol formula
Dapat menjaga kulit dari paparan sinar matahari serta melindungi elstisitas kulit
Ukuran : 75 mL

Deskripsi Produk
Sebamed Sun Care SPF50 Perlindungan Kulit [75 mL] merupakan cream pelindung kulit dengan pH5.5 yang mudah diterapkan, tidak berminyak, dan tidak meninggalkan residu puith. Cream ini memiliki kandungan vitamin E, provitamin B5, dan alam hydro - fructol formula yang dapat menjaga kulit dari paparan sinar matahari serta melindungi elstisitas kulit.

Dimana kita bisa mendapatkan produk tersebut??? Sista bisa beli di Blibli.com lagi ada promo free voucher Rp 125.000 + 1000 Point untuk member baru.


4. Touch Up Juga Perlu

   

Tidak perlu repot saat kulit kamu mulai berkeringat dan mengilap karena produksi minyak berlebih. Andalkan pertolongan pertama pada blotting tissues agar penampilanmu kembali prima. Selain itu, beri kesegaran tambahan pada wajah Anda dengan menyemprotkan facial mist. Kamu bisa coba Optimals Oxygen Boost Face Blotting Tissues dan Nano Mist Emily.

5. Cuci Muka Setelah Melakukan Aktifitas

Biasanya banyak wanita yang malas ketika harus mencuci mukanya setelah melakukan aktifitas baik didalam ruangan maupun diluar ruangan. Faktanya jika kita langsung menyentuh wajah saat selesai berkatifitas hal ini bisa memicu gangguan kulit wajah karena tanpa kita sadari tangan kita yang kotor setelah melakukan aktifitas diluar ruangan.

6. Cuci Muka Sebelum Tidur

Tidak hanya setelah melakukan aktifitas saja kita harus mencuci muka karena sebelum tidur pun kita harus membersihkan wajah kita. Kita wajib mencuci wajah sebelum tidur. Mencuci wajah pada saat itu, baik untuk kesehatan kulit dan memiliki beberapa manfaat lainnya. Berikut adalah manfaat mencuci wajah sebelum tidur.

1. Beri Ruang untuk Pori-pori

Kadang pori-pori dalam wajah memang susah bernafas saat wajah kita penuh dengan sapuan make up yang sangat tebal. Hal tersebut membuat wajah menjadi rentan terkena jerawat. Manfaat mencuci wajah saat akan tidur ternyata dapat membuat pori-pori kulit menjadi lega dan bebas bernafas.

2. Bebas dari jerawat

Aktifitas seharian di luar ruangan membuat wajah menjadi lebih mudah terkena debu dan kotoran. Hal tersebut tentunya memicu timbulnya jerawat. Saat akan tidur, wajah perlu dimanjakan dengan dibebaskan dari kotoran berlebih yang menempel di wajah. Wajah akan lebih sehat dan bebas dari jerawat.

3. Wajah Semakin Bersih dan Cerah

Wajah menjadi kusam karena debu dan kotoran yang menempel di kulit. Wajah akan terasa lebih segar dan cerah ketika kita bersihkan sebelim tidur. Saat bangun pagi pun, wajah tak akan terlihat kusam dan berminyak.

Nah, itu tadi beberapa manfaat yang kita dapatkan ketika mencuci wajah sebelum tidur. Memang sangat penting ternyata menjaga kesehatan dan lebersihan kulit wajah yah guys. Selain mencegah jerawat, wajah akan semakin lebih cerah berseri ketika bangun tidur.

No comments:

Post a Comment