Wednesday 15 June 2016

Pilih Mana Blogger atau Wordpress? Mana Yang Lebih Bagus Untuk Blog?

Bagus mana antara wordpress dan blogger/blogspot? Flatform mana yang cocok  untuk membuat blog? Sesuatu yang sulit untuk menentukan pilihan ketika pertama kali akan terjun dalam dunia blogging. Kita di hadapkan pada dua piihan flatform yang secara garis besar berbeda jauh. Konsep pertama kali ini yang paling penting dan menentukan langkah blog anda kedepan untuk selanjutnya. Saat ini kedua flatform wordpress (terutama self hosting) dan blogger adalah yang paling populer dalam dunia blogging, karena di antara keduanya yang paling banyak di gunakan oleh para aktifis blog. Keduanya juga berlomba lomba memperbaharui fitur dan performa, baik dari segi tampilan dan kualitas di mata search engine serta faktor SEO yang menentukan blog tersebut tampil di halaman pencarian.

Pilih Blogger Atau WordPress? Mana Yang Lebih Bagus Untuk Blog?

Antara wordpress dan blogger mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing, tetapi jika kita belum pernah menggunakan salah satu di antaranya, kita tidak bisa membedakan mana yang lebih baik. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan yang ada di antara kedua flatform tersebut.


Pilih Blogger Atau WordPress? Mana Yang Lebih Bagus Untuk Blog?
Kelebihan blog dengan flatform blogger/blogspot.

– Mendaftar dan menggunakannya secara gratis
– Tidak memikirkan biaya hosting
– Terintegrasi dengan Google Account, gmail dan Gplus.
  (termasuk google webmaster dan google analytic)
– Mudah dalam penggunaan, fleksibel
– Panel Kontrol sederhana dan mudah dipahami
– Tersedia banyak pilihan widget
– Navigasi layout yang mudah
– Banyak pilihan template yang bisa di gunakan (Ribuan)
– Bisa edit template dengan mudah
– Bisa memiliki banyak blog dalam satu akun
– Bisa di custom domain/menggunakan nama domain sendiri
– Integrasi SEO mudah (meta tag & keyword)
– Mudah di temukan di mesin pencari google
– Terintegrasi dalam bahasa indonesia
– Keamanan terjamin karena di hosting di google
– Bisa di pasang script iklan Adsense
# Untuk iklan adsense, yang bisa di pasang blogspot harus memenuhi kriteria tertentu. blog yang di daftarkan harus melalui tahap review dari pihak google adsense.

Kekurangan blog dengan flatform blogger/blogspot
–  Harus mengikuti peraturan dan ketentuan dari google
– Masih sedikit pengembang dan desainer blogger di banding dengan wordpress
– Blog terancam di hapus jika tidak sesuai dengan ketentuan dan kebijakan dari google.


Untuk Flatform wordpress sendiri di bagi menjadi 2 bagian, kita bisa menggunakan fasilitas gratis dari wordpress.com, dan bisa menggunakan wordpress.org (CMS) yang di hosting sendiri dengan fasilitas hosting yang bisa kita sewa melalui jasa penyedia hosting. Yang akan di bahas di sini adalah pengguna dari wordpress.org, karena sudah banyak dan populer untuk para pengguna blog, terutama di indonesia.

Dengan menggunakan CMS dari wordpress.org, tentunya kita harus menyiapkan nama domain dan menyewa jasa hosting untuk menginstal CMS wordpress di hosting tersebut. Dengan begitu status blog wordpress kita menjadi wordpress self hosting, yaitu CMS wordpress yang di instal di hosting sendiri. Tetapi jika anda ingin membuat blog wordpress self hosting gratis bisa simak artikel di bawah ini.

Kelebihan menggunakan wordpress.org atau wordpress self hosting
–  Bebas menggunakan nama blog dengan memesan nama domain yang tersedia.
–  Mempunyai kontrol dan akses penuh terhadap blog.
–  Tidak terikat dengan peraturan wordpress.
–  Bebas menggunakan berbagai macam theme.
–  Bebas memasang plugins sesuai keinginan.
–  Bisa di pasangi bermacam iklan termasuk iklan google adsense.
–  Pengaturan SEO yang mudah dengan plugins.
–  Navigasi dan widget yang mudah dengan plugins.
–  Lebih fleksibel untuk blo e-commerce/toko online
– Lebih terlihat profesional.
– Banyak pengembang dan desainer blog untuk platform wordpress.

Kekurangan menggunakan wordpress.org atau wordpress self hosting
– Harus menyediakan dana untuk membeli domain dan sewa hosting.
– Masalah dengan server atau gangguan dari pihak hosting.
– Dari segi keamanan, sangat rentan di serang hacker.
– Tidak begitu mudah di pahami untuk seorang pemula.

Dari penjelasan di atas bahwa setiap flatform wordpress maupun blogger (blogspot) mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing, jika di lihat dari kebutuhan maka kita bisa menentukan flatform mana yang sekiranya tepat untuk di jadikan pilihan.

Kebutuhan yang di maksud adalah, untuk apa sebenarnya kita ngeblog? Jika untuk sekedar dokumentasi dan blog personal kita bisa memilih flatform blogger yang sederhana dan mudah di pahami, tetapi jika anda ingin ke tingkat lebih lanjut dan lebih profesional, anda bisa sedikit mengeluarkan biaya untuk membuat blog wordpress self hosting.

Baik blogger dan wordpress bisa di gunakan untuk menghasilkan uang, asalkan di kelola dengan baik dan benar, banyak pula blogger sukses yang hanya menggunakan blog gratisan sebagai sarana mencari uang. semua tergantung kepada pemilik blog tersebut, manajemen yang bagus serta rutinitas posting yang ter-update lebih menjanjikan, dari pada mempunyai blog bagus (berbayar) tetapi hanya di kelola setengah hati.


Untuk saat ini saya juga masih dalam tahap belajar, dan perlu banyak latihan tentang dunia blogger. mungkin suatu saat bisa lebih profesional dan mempunyai banyak waktu untuk fokus ke dunia blog. Sementara ini menabung dulu sambil latihan menulis, suatu saat pasti juga mencoba menggunakan flatform wordpress self hosting. Sudah siapkah anda menentukan pilihan anda? wordpress atau blogger? Kalau sudah….Ayo ngeblog…!!!

No comments:

Post a Comment