Wednesday 18 March 2020

Pengalaman Mengikuti Tes CPNS 2020 Formasi Guru Kewirausahaan



Hi guys setelah sekian taun nggak posting soal pengalaman mengikuti beberapa tes akhirnya kali ini aku mau sharing ke temen temen soal pengalaman aku mengikuti tes SKB CPNS tahun 2020 bulan Februari kemarin.

Jadi awal cerita, pengumuman penerimaan CPNS akan di umumkan melalui website resmi masing masing instansi.
Kalo aku kemaren ikut pemprov Jatim, jadi aku update infonya dari http://bkd.jatimprov.go.id/. 
Untuk persyaratannya sendiri bisanya setiap instansi akan berbeda beda ya guys, tergantung dari instansi mana yang akan kalian pilih.

Pengumumannya kemaren kalo nggak salah di bulan November, kemudian untuk pendaftarannya dilakukan pada bulan Desember. Nah untuk pendaftarannya itu temen temen bisa melalui website https://sscn.bkn.go.id/.

Untuk dokumen yang harus temen temen persiapkan nggak terlalu banyak kok, ada Ijasah, transkrip nilai, pas foto ukuran 4x6 background merah, surat keterangan akreditasi perguruan tinggi (biasanya di website masing masing universitas kalian akan di publish), kemudian ada surat lamaran biasanya ditujukan ke gubernur (untuk formasi lingkup provinsi), menteri (untuk formasi di kementerian) sama jangan lupa siapin materai ya guys karna ini diperlukan buat nempelin di surat lamaran, oya sama satu lagi scan KTP yaa.

Setelah itu temen temen registrasi di website https://sscn.bkn.go.id/ jangan lupa nomor KTP kalian ya guys karna itu di perlukan saat registrasi. Jangan lupa untuk print atau simpan kartu registrasi ya guys siapa tau nanti kita membutuhkannya.
Setelah sukses registrasi selanjutnya kalian harus upload berkas yang udah kalian siapkan tadi.Uploadnya sesuai dengan kolom yang ada di keterangan ya guys. Setelah semua berhasil terupload jangan lupa untuk simpan.

Nahh setelah ditahap ini kita tinggal menunggu pengumuman lolos tahap administrasi.
Selang beberapa hari sesuai dengan jadwal pelaksanaan nanti akan ada pengumuman kelolosan administrasi, setelah itu kita bisa cetak kartu ujian kita. Biasanya sih kalau lokasi dan jadwal ujian belum di tentukan maka di kartu ujian belum tertera lokasi dan jadwal ujian. Nah disini kita harus rajin rajin pantengin website instansi yang kita lamar nih supaya nggak ketinggalan update informasinya.

Sambil nunggu jadwal dan lokasi ujian ada baiknya kita sudah mempersiapkan diri untuk belajar mengenai soal soal SKD. Untuk refrensi soal kalian bisa browsing di website website sudah banyak yang tersedia, btw ada yang gratis dan ada yang bayar juga guys. Kalo kalian punya banyak waktu, ada baiknya juga mengikuti bimbingan yang offline, karna dari situ kita akan di kasi trik dan tips menjawab soal SKD.
Dan yang perlu temen temen ketahui kalo setiap soal untuk setiap peserta akan berbeda beda tergantung dari formasi yang kita ambil juga.

Nahhh sampe sini dulu ya sharing pengalaman soal CPNS nya.. untuk pengalaman ketika ujian SKD akan saya share di postingan selanjutnya ya guys...
Kalo ada yang mau di tanyain bisa nih ninggalin jejak dikolom komentar,,, aku tunggu ya guysss

Sekian dulu, semoga bermanfaat untuk temen temen semuanya.....
:)

2 comments:

  1. untuk pengalaman skbnya bagaimana kakk?

    ReplyDelete
  2. hai kak, kebetulan saya masih belum sampai ditahap SKB

    ReplyDelete