Monday 30 March 2020

Wejangan GM Untuk Karyawan di Masa Covid Part 1

Dear All hoteliers. (#1)

Tentu ini masa sulit bagi Anda. Ijinkan saya share pengalaman. Dulu saya selalu menulis di Bali Post bahwa busines pariwisata paling rentan terhadap pergolakan politik dan force majure. Dasyatnya perang Teluk nun jauh disana bisa berimbas di Bali dan Lombok. Tercatat: Flue Burung, SARS, Tsunami Aceh, Bom Bali, Gempa Bumi Lokal dan terakhir adalah Covid 19.

Bagi pengusaha hotel yg cash flow nya kuat, buatlah kebijakan agar tidak melakukan tindakan merumahkan apalagi PHK. Dan bagi yg cash flow nya berantakan, lakukan efisiensi semaksimal mungkin termasuk unpaid-leave atau advanced leave. Sisakan Security & GM/HM.

Perintahkan dg santun kepada semua crew agar mendoakan hotel setelah ibadah sesuai agama masing2. Pergilah ke anak yatim-piatu utk mengirim donasi dg tangan Anda sendiri kalau perlu.

Usaha promosi macam apapun yg dilakukan saat ini, termasuk dg menonjolkan kesiapan dg segala atribut pencegahan Covid 19 termutakhirpun, tidaklah begitu berarti bagi pasar. Karena memang pasarnya tidak ada.

Jaga kesehatan semua crew utk menyambut terbukanya kembali kran pariwisata. Ini bisa berdampak 3-6 bulan. Mungkin Year to Date berkurang, namun tetap survive. Inilah esensi marketing ghoib yang pernah saya diskusikan dg mendiang Bpk. Joop Ave.

Salam.

Sources https://www.linkedin.com/in/js-budi-98ba4265/detail/recent-activity/shares 

No comments:

Post a Comment