Wednesday 18 March 2020

TEKAD HOTEL - HOTEL DI INDONESIA BEBAS DISPARITY

Berbicara tekad untuk mulai bergerak mencanangkan gerakan Hotel - Hotel di Indonesia bebas rate disparity di tahun 2019 berbicara kepada:
- Hotel harus benar - benar mengajak duduk bareng semua partner channel distribution dan membahas secara jelas rencana paritas terhadap semua channel
- Tentukan 1 periode waktu dimana minta setiap channel mulai mematikan segala bentuk subsidi harga yang ada
- Hotel harus mulai memainkan harga yang jujur. Pasang tanpa embel - embel promo. Kalau pun memang ikut rate plan promo di beberapa OTA seperti mobile rate atau pun member rate boleh saja asalkan memberikan promo di salah satu channel harus memberikan promo di channel lainnya juga
- JANGAN MALAS. Jangan memasang satu harga secara panjang terus dikasih promo ini itu. Kalau memang mau memainkan early bird, harga bisa diatur dengan menggunakan skala deret waktu antara harga period 0 - 7 hari sebelum kedatangan > 8 - 14 hari sebelum kedatangan >15 - 30 hari sebelum kedatangan. Secara generik akan mulai membentuk window booking dan forecast secara berkala.

Antara tekad dan nekat untuk bergerak mencanangkan gerakan Hotel di Indonesia bebas rate disparity tahun 2019.

Memberikan harga jujur adalah pilihan bijak yang memudahkan hotel saat menghitung berapa harga yang dipasang, berapa revenue yang dihasilkan. Hal ini penting karena perbedaan persepsi dari OTA terhadap double diskon efek yang timbul dari OTA yang "mandatory" harga private /mobile ditambahkan perencanaan taktikal discount.

OTA Z mandatory private sale 8% dan ada tambahan discount 10%, OTA Z memiliki pemberlakuan harga yang sampai ke tamu adalah 8% + 10% sehingga total harga pasang dikurangin discount adalah 18%. Contoh harga pasang Rp.500.000,- maka selling price ke tamu private sale setelah diskon menjadi Rp. 410.000,-

OTA Y mandatory private sale 8% dan ada tambahan discount 10%, OTA Y ini pemberlakuan nya berbeda dimana harga pasang dikurangin dahulu 8%. Lalu harga pengurangan 8% tersebut baru didiskon 10%. Contoh harga pasang Rp.500.000,- dikurangin 8% menjadi Rp. 460.000,- lalu dikurangin 10% menjadi = Rp. 414.000,-

Bersambung...
#revenuemanagementculture
#HoteldiIndonesiaBebasDisparityHarga2019
#2019PilihChannelDistributionyangmenghargaiprinsipparitasharga


Sources  

No comments:

Post a Comment