MKDU4111 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Soal Nomor 1 – 45 Pilih Satu Jawaban Yang Paling Tepat
1. DomainIndividu mempunyai Kepribadian,Daerah punya masyarakat dan Negara
mdempunyai......
A.Individu
B.Masyarakat
C. Bangsa
D. Daerah
2. Pendidikan kewarganegaraan berlandaskan Undang-Undang Dasar 1945 yaitu
pasal . . .
A. Pasal 30 ayat 1 dan pasal 31 ayat 1
B. Pasal 30 ayat 2 dan pasal 31 ayat 2
C. Pasal 32 ayat 1 dan pasal 33 ayat 1
D. Pasal 32 ayat 2 dan pasal 33 ayat 2
3. Salah satu tujuan Pendidikan Kewarganegaraan yaitumembentuk kesadaran
berbangsa , bernegara dan bermasyarakat.Makna dan hakekat yang terkandungdi
dalamnya yaitu.....
A.berani membela bangsa dan negara
B. melaksanakan otonomi seluas luasnya
C. mengimporbahan baku industri dari luar
D.mengeksploitasi sumber daya alam
4. Salah satu tujuan Pendidikan Kewarganegaraan yaituCinta kepada Tanah
–Air. Materi yang terkait dengan cinta tanah-air tersebut yaitu Wasantara. Hal
ini dilandasi oleh pemikiran bahwa. . .
A.berani karena benar takut karena salah
B. patah tumbuh hilang berganti
C. tak kenal maka tak cinta
D.berat sama dipikul ringan sama dijinjing
5. Salah satu latar belakang Wasantara yaitusecarapisik-geografik. Negara
Kepulauan yang sangat luas. Hal ini berdampak negatifmanakala . . .
A.pemerintah pusat dan daerah tidak berdaulat atas daerah feri feri
B. pemerintah mengeksploitasi sumbetdaya alam secara optimal
C. pemerintahperlu membangun sistem pertahananyang kuat
D.Pembangunan nsioanl dilakukan secara merata
6. Salah satu unsur dasar Wasantara, yaitu Kepulauan. Konsepsi berpikir
atau paradigma Wasantara ini dilandasi oleh pemikiran bawa. . .
MKDU4111 PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
A. pulau pulau dipisahkan oleh laut dan selat
B. laut dan selat merupakan satu kesatuan
C. rangkaian pulau pulau dalam laut
D. laut yang ditebari oleh pulau pulau
7. Wasantara merupkan landasan Ketahannan Nasional. Hal ini karena Wawasan
Nusantara . . .
A. menentukan lingkup dan volumre Bangnas
B. menentukan volume dan ketepan bangnas
C. menentukan arah , perwujudan dan konsepsi tannas
D. menentukan ruang lingkup bangnas
8. Wasantaramerupkan landasanBangnas Nasional. Hal ini karena Wawasan
Nusantara . . .
A.menentukan lingkup dan volumre Bangnas
B. menentukan volume dan ketepan bangnas
C. menentukan arah , perwujudan dan konsepsi tannas
D.menentukan ruang lingkup bangnas
9. Penegakan Dasar Negara dan konstitusi negara merupakan salah satu dasar
pentingnya Tannas Indonesia. Dasar Negara dan konstitusi negara mengandungtiga
dimensi yaitu dimensi Kebangkitan nasional, dimensi Ketahanan nasional dan
...........
A.dimensi kelangsungan hidup bangsa
B. dimensi Kesejahteraan bangsa
C. dimensikekuatandan kejayaan bangsa
D.dimensikesejahteraan dan keamanan bangsa
10. Ada dua ciiri pokok yang terkandung dalam ketahanan nasionalsuatu
bangsa yaituketangguhan dan ...........
A.kesemestaan
B. kerakyatan
C. keuletan
D.kejayaan
11. Sumber kekayaan alam yang berlimpah ruah tidak akan berarti, jika tidak
dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan bangsa. Dalam hal ini ada keterkaitan
antara gatra sumber kekayaan alam dengan . . .
A. idiologi
B. Politik
C. Sumber daya manusia dan teknologi
D. Hankam
MKDU4111 PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
12. Salah satu indikator ketahanan bidang poloitik kitassebagai negara
demokrasi dapt dikatakan rendah yaitu. . .
A.pihak yang kalah pilkada menghasut pendukungnya untukrusuh
B. pihak yang menang dalam pilkada menghargai yang kalah
C. pihak yang kalan menghormati yang menang dlm pilkada
D.pihak yang menag dalam pilkada menhargai yang kalah
13. Pada tahun 1965, kondisi Indonesia dapat dikatakan “perang saudara”
atau civil war. Ribuan jiwa melayang, kondisi ini menggambarkan Tannas
Indonesia . . . .
A. tinggi
B. sangat tinggi
C. rendah
D. sedang
14. Dalam pembinan Tannas , harus memperhatikan seluruh gatra yang ada.
Penekanan dapat dilakukan pada salah satu atau lebih dari Astagatra. Posisi
kunci dalam astagatra ini yang mempunyai daya biak yaitu. . .
A.sumber kekayaan alam
B. sumber daya manusia,
C. ekonomi
D.pertahanan dan keamanan
15. Faktor pemicu dalam memepercepat menyatunya kehidupan dunia atau
gobalisasi yaitu . . .
A. penyebaran manusia yang tidak merata
B. penyebaran sumber kekayaan alam yang tidak merata
C. dominasi negara negara maju
D. kejuan telekomunikasi/informasi
16. Obyek nasionalismeberbeda menurut zamannya. Dahulu obyek nasionalisme
melawan penjajah. Pada masa kini obyek nasionalisme yaitu . . .
A. negara dan bangsa
B. eksploitasi sumberdaya alam
C. anti penjajjahan
D. Pemberontakan dalam negeri
17. Dalam meningkatkan Tannas Indonesia menghadapi globalisasi diperlukan
kewaspadaan dalam menerima bantuan luar. Bantuan yang diterima yaitu. . .
A.yangmeminta imbalan yg berlebihan
B. yang tidak mengikat
C. melemahkan kemadirian
D.dari negara negara besar
18. Indonesia terletak pada posisi silang dunia. Dampak dari itu dapat
negatif dan positif tergantung pada kita. Sikap kita i yaitu. . .
A.berkolaborasi untuk membangun pertahanan
B. mengelola kekuatan yg melintas utk kepentingan bangsa
C. menjadimitrauntuk ekspansi ke tetangga
D.menolak segala bentuk bantuan yang ada
19. Kesenjangn erkonomi antar daerah , antar kaum, antar masyarakat dapat
mengganggu ketahanan Nasional Indonesia.Imlplikasi dari kesenjangan tersebut
dapat berupa. . .
A. kerjasama antar daerah danm antar masyarakat
B. konflik sosial dan perpecahan bangsa
C. upaya penngkatan kesejahteraan rakyat
D. gotong royong mengatasi ketimpangan sosial
20. Wujud dari politik strategi nasionaldalam bentuk . . .
A.Propenas
B. PJPT
C. Renstra
D.RAPBN
21. Implementasi polstranas dalam pembangunan nasionaldapat dilihat pada .
. .
A.kenaikan harga BBM untukBantuan Langsung Tunai
B. Gerakanpengentasan kemiskinan
C. operasi pasar untuk menekan kenaikan harga
D.pembuatan undang undang anti teroris
MKDU4111 PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
22.Prisnsip prinsip demokrasi yang paling pokokberikut ini yaitu. . .
A. historia vitae magistra
B. Vini vidi visi
C. liberty ,egality ,praternity
D.pox populi pox dei
23. Pemerintah yang sedikit memerintah bertitik tolak dari pandangan. . .
A. Komunisme
B. sosialisme
C. Atheisme
D. liberalisme
24. Demokrasi terpimpin pernah dijalankan di Indonesia yaitu pada masa
pemerintahan . . .
A. Megawati
B. Habibie
C. Soeharto
D. Soekarno
25. Pada tahun 1945 NKRI menggunakan UUD 1945, namun dalam prakteknya
digunakan model demokrasi . . .
A. Pancasila
B. Demokrasi Parlementer
C. Terpimpin
D. Liberal
26. Hampir setiap hari Demonstrasi ada di Jakarta. Demonstrasi ini ada
dalam berbagai bentuk. Melihat maraknya demonstrasi tersebut dapat digunakan sebagai
indikator . . .
A. DPR kurang berfungsi/meningkatnya kesadaran rakyat
B. MPR tidak berfungsi meningkatnya partisipasi rakyat
C. BPD kurang berfungsi dan meningkatnya kesejahteraan
D. MA kurang berfungsi dan meningkatnya kesadaran rakyat
27. Implementasi nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan dapat Anda baca
dalam statemen berikut ini, yaitu . . .
A. para sopir saling serobot tidak bisa antre di jalan
B. Tim sepakbola kalah, stadion dibakar
C. kalah dalam pilkada membuat kerusuhan
D. menghormati yang menang dan menghargai yang kalah
28. Pelaksanaan demokrasi berhubugnan erat dengan kondisi sosial ekonomi
masyarakat. Hal ini berarti . . .
A. makin miskin masyarakat makin pintar bersemokrasi
B. makin pintar masyarakat makin bisa berdemokrasi
C. makin sejahtera masyarakat makin bisa berdemokrasi
D. makin kaya masyarakat, kurang bisa berdemokrasi
29. Timbulnya gagasan Hak Azasi Manusia pada dasarnya akibat perkebangan
aliran rasionalisme dan . . .
A. magna charta
B. dipengaruhi oleh gagasan hukum alam
C. Deklarasi Cairo
D. Declaration of Human Right
30. Dalam Universal Declaration of Human Right, setiap orang berhak untuk
perdagangan dan . . .
A. mendapat jaminan sosial
B. berinteraksi secara baik
C. mendapat jaminan keamanan
D. mendapat pengakuan dan penghargaan
31. Setiap warga negara berhak untuk mendapat pekerjaan yang layak bagi
kemanusiaan. Pernyataan ini mengandung makna implementasi nilai-nilai HAM dalam
. . .
MKDU4111 PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
A. perdagangan
B. perekonomian
C. sosial budaya
D. keamanan
32.Berikut ini adalah bentuk pelanggaran Hak Azasi Manusia dimasa Orde Baru
yaitu . . .
A. Peristiwa RMS
B. Gerakan APRA
C. G/30s/PKI
D. Peristiwa Talangsari Bandar Lampung
33. Dihukumnya Gueteres, Abilio Soares dalam kasus pelanggaran HAM di
Timtim, adalah salah satu bentuk . . .
A. penegakan HAM di Indonesia
B. promosi HAM di Indonesia
C. penghargaan HAM di Indonesia
D. pelayanan HAM di Indonesia
34. Pada dasarnya ada dua bentuk otonomi daerah yaitu otonomi asli dan
otonomi artifisial atau diciptakan. Termasuk daerah otonomi asli yaitu . . .
A. Propinsi
B. Kabupaten
C. Kota Madya
D. Desa, Naari, Kuria
35. Pelaksanaan otonomi daerah pada hakikatnya penyelenggaraan pemerintahan
secara mandiri dalam konteks NKRI. Nilai yang dibawa otonomi ini yaitu
Pemberdayaan daerah, kemandirian dan . . .
A. kemakmuran
B. stabilitas daerah
C. demokrasi
D. kemaemukan
36. Salah satu hambatan pelaksanaan Otonomi Daerah di Indonesia yaitu . . .
A. Kuatnya aparatur birokrasi
B. Struktur permintaanyang berjenjang
C. Lemahnya konrol wakil rakyat
D. Sentralisasi pemerintahan
37. Good Governance menggambarkan perubahan peran pemerintah dari
memberikan pelayanan pada masyarakat menjadi . . .
A. Fasilitator
B. Dinamisator
C. Inisiator
D. regulator
38. Capacity Building merupakan strategi untuk meningkatkan kinerja
pemerintah supaya lebih efisien dan efektif serta . . .
A. Dapat dipercaya
B. Responsive
C. Mampu menjalankan tugas
D. memberikan pelayanan
39. Menurut Ivan S. Bloch, selama kurun waktu 3357 tahun terdapat 227 tahun
damai dan 3130 tahun perang. Data ini bermakna bahwa . . .
A. Jika ingin damai maka siaplah untuk berperang
B. Umat manusia cenderung sukaberperang
C. perang merupakan kelajutan dari politik
D. Perang merupakan kehidupan normal
40. Sistem Pertahanan dan Keamanan Negara Indonesia di rancang atas dasar
pertimbangan . . .
A. Untuk melakukan ekspansi ke negara tetangga
B. Bersaing dengan negara tetangga
C. Melakukan pertahanan dari setengah musuh
D. Perkirakan ancaman musuh ke depan
41. KOmponen utama kekuatan dalam sishankamrata . . .
A. TNI dan Cad. TNI
B. ratih (rakyat terlatih)
C. limas (perlindungan masyarakat)
D. hansip (pertahanan sipil)
MKDU4111 PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
42. Pada tahun 1945 - 1947, upaya bela negara dipersepsikan sebagai . . .
A. membela kepentingan bangsa di luar negeri
B.mengabdi dengan baik pada bidang masing-masing
C. peran serta dalam perang kemerdekaan
D. membela nama bangsa dan olah raga
43. Wujud keikutsertaan warga negara dalam bela negara dapat dilakukan
melalui: prajurit TNI, Pendidikan Kewarganegaraan, Latihan dasar kemeliteran
dan . . .
A. latihan dasar kepemimpinan
B. jambore Pramuka
C. operasi abaskarajaya
D. pengabdian dalam profesi
44. Pernyattaan berikut ini merupakan konsep dari keamanan negara yaitu . .
.
A. penghancuran musuh dikandang sendiri
B. menggagalkan upaya inviltrasi dan subversi
C. menghancurkan musuh dalam perjalanan
D. menghancurkan musuh dipintu masuk
45. Dwi fungsi ABRI yaitu fungsi ABRI selain sebagai kekuatan pertahanan
dan keamanan juga mempunyai fungsi sebagai kekuatan . . . .
A. seni dan budaya
B. ekonomi - sosial
C.sosial dan budaya
D. sosial dan politik
No comments:
Post a Comment