Monday, 4 January 2016

MKDU4111 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

MKDU4111 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Soal Nomor 1 – 45 Pilih Satu Jawaban Yang Paling Tepat

1. DomainIndividu mempunyai Kepribadian,Daerah punya masyarakat dan Negara mdempunyai......

A.Individu
B.Masyarakat
C. Bangsa
D. Daerah

2. Pendidikan kewarganegaraan berlandaskan Undang-Undang Dasar 1945 yaitu pasal . . .

A. Pasal 30 ayat 1 dan pasal 31 ayat 1
B. Pasal 30 ayat 2 dan pasal 31 ayat 2
C. Pasal 32 ayat 1 dan pasal 33 ayat 1
D. Pasal 32 ayat 2 dan pasal 33 ayat 2

3. Salah satu tujuan Pendidikan Kewarganegaraan yaitumembentuk kesadaran berbangsa , bernegara dan bermasyarakat.Makna dan hakekat yang terkandungdi dalamnya yaitu.....

A.berani membela bangsa dan negara
B. melaksanakan otonomi seluas luasnya
C. mengimporbahan baku industri dari luar
D.mengeksploitasi sumber daya alam

4. Salah satu tujuan Pendidikan Kewarganegaraan yaituCinta kepada Tanah –Air. Materi yang terkait dengan cinta tanah-air tersebut yaitu Wasantara. Hal ini dilandasi oleh pemikiran bahwa. . .

A.berani karena benar takut karena salah
B. patah tumbuh hilang berganti
C. tak kenal maka tak cinta
D.berat sama dipikul ringan sama dijinjing

5. Salah satu latar belakang Wasantara yaitusecarapisik-geografik. Negara Kepulauan yang sangat luas. Hal ini berdampak negatifmanakala . . .

A.pemerintah pusat dan daerah tidak berdaulat atas daerah feri feri
B. pemerintah mengeksploitasi sumbetdaya alam secara optimal
C. pemerintahperlu membangun sistem pertahananyang kuat
D.Pembangunan nsioanl dilakukan secara merata


6. Salah satu unsur dasar Wasantara, yaitu Kepulauan. Konsepsi berpikir atau paradigma Wasantara ini dilandasi oleh pemikiran bawa. . .
MKDU4111 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
A. pulau pulau dipisahkan oleh laut dan selat
B. laut dan selat merupakan satu kesatuan
C. rangkaian pulau pulau dalam laut
D. laut yang ditebari oleh pulau pulau

7. Wasantara merupkan landasan Ketahannan Nasional. Hal ini karena Wawasan Nusantara . . .

A. menentukan lingkup dan volumre Bangnas
B. menentukan volume dan ketepan bangnas
C. menentukan arah , perwujudan dan konsepsi tannas
D. menentukan ruang lingkup bangnas

8. Wasantaramerupkan landasanBangnas Nasional. Hal ini karena Wawasan Nusantara . . .

A.menentukan lingkup dan volumre Bangnas
B. menentukan volume dan ketepan bangnas
C. menentukan arah , perwujudan dan konsepsi tannas
D.menentukan ruang lingkup bangnas

9. Penegakan Dasar Negara dan konstitusi negara merupakan salah satu dasar pentingnya Tannas Indonesia. Dasar Negara dan konstitusi negara mengandungtiga dimensi yaitu dimensi Kebangkitan nasional, dimensi Ketahanan nasional dan ...........

A.dimensi kelangsungan hidup bangsa
B. dimensi Kesejahteraan bangsa
C. dimensikekuatandan kejayaan bangsa
D.dimensikesejahteraan dan keamanan bangsa

10. Ada dua ciiri pokok yang terkandung dalam ketahanan nasionalsuatu bangsa yaituketangguhan dan ...........

A.kesemestaan
B. kerakyatan
C. keuletan
D.kejayaan

11. Sumber kekayaan alam yang berlimpah ruah tidak akan berarti, jika tidak dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan bangsa. Dalam hal ini ada keterkaitan antara gatra sumber kekayaan alam dengan . . .

A. idiologi
B. Politik
C. Sumber daya manusia dan teknologi
D. Hankam
MKDU4111 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
12. Salah satu indikator ketahanan bidang poloitik kitassebagai negara demokrasi dapt dikatakan rendah yaitu. . .

A.pihak yang kalah pilkada menghasut pendukungnya untukrusuh
B. pihak yang menang dalam pilkada menghargai yang kalah
C. pihak yang kalan menghormati yang menang dlm pilkada
D.pihak yang menag dalam pilkada menhargai yang kalah

13. Pada tahun 1965, kondisi Indonesia dapat dikatakan “perang saudara” atau civil war. Ribuan jiwa melayang, kondisi ini menggambarkan Tannas Indonesia . . . .

A. tinggi
B. sangat tinggi
C. rendah
D. sedang

14. Dalam pembinan Tannas , harus memperhatikan seluruh gatra yang ada. Penekanan dapat dilakukan pada salah satu atau lebih dari Astagatra. Posisi kunci dalam astagatra ini yang mempunyai daya biak yaitu. . .

A.sumber kekayaan alam
B. sumber daya manusia,
C. ekonomi
D.pertahanan dan keamanan

15. Faktor pemicu dalam memepercepat menyatunya kehidupan dunia atau gobalisasi yaitu . . .

A. penyebaran manusia yang tidak merata
B. penyebaran sumber kekayaan alam yang tidak merata
C. dominasi negara negara maju
D. kejuan telekomunikasi/informasi

16. Obyek nasionalismeberbeda menurut zamannya. Dahulu obyek nasionalisme melawan penjajah. Pada masa kini obyek nasionalisme yaitu . . .

A. negara dan bangsa
B. eksploitasi sumberdaya alam
C. anti penjajjahan
D. Pemberontakan dalam negeri

17. Dalam meningkatkan Tannas Indonesia menghadapi globalisasi diperlukan kewaspadaan dalam menerima bantuan luar. Bantuan yang diterima yaitu. . .

A.yangmeminta imbalan yg berlebihan
B. yang tidak mengikat
C. melemahkan kemadirian
D.dari negara negara besar

18. Indonesia terletak pada posisi silang dunia. Dampak dari itu dapat negatif dan positif tergantung pada kita. Sikap kita i yaitu. . .

A.berkolaborasi untuk membangun pertahanan
B. mengelola kekuatan yg melintas utk kepentingan bangsa
C. menjadimitrauntuk ekspansi ke tetangga
D.menolak segala bentuk bantuan yang ada

19. Kesenjangn erkonomi antar daerah , antar kaum, antar masyarakat dapat mengganggu ketahanan Nasional Indonesia.Imlplikasi dari kesenjangan tersebut dapat berupa. . .

A. kerjasama antar daerah danm antar masyarakat
B. konflik sosial dan perpecahan bangsa
C. upaya penngkatan kesejahteraan rakyat
D. gotong royong mengatasi ketimpangan sosial

20. Wujud dari politik strategi nasionaldalam bentuk . . .

A.Propenas
B. PJPT
C. Renstra
D.RAPBN

21. Implementasi polstranas dalam pembangunan nasionaldapat dilihat pada . . .

A.kenaikan harga BBM untukBantuan Langsung Tunai
B. Gerakanpengentasan kemiskinan
C. operasi pasar untuk menekan kenaikan harga
D.pembuatan undang undang anti teroris
MKDU4111 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
22.Prisnsip prinsip demokrasi yang paling pokokberikut ini yaitu. . .

A. historia vitae magistra
B. Vini vidi visi
C. liberty ,egality ,praternity
D.pox populi pox dei

23. Pemerintah yang sedikit memerintah bertitik tolak dari pandangan. . .

A. Komunisme
B. sosialisme
C. Atheisme
D. liberalisme

24. Demokrasi terpimpin pernah dijalankan di Indonesia yaitu pada masa pemerintahan . . .

A. Megawati
B. Habibie
C. Soeharto
D. Soekarno

25. Pada tahun 1945 NKRI menggunakan UUD 1945, namun dalam prakteknya digunakan model demokrasi . . .

A. Pancasila
B. Demokrasi Parlementer
C. Terpimpin
D. Liberal

26. Hampir setiap hari Demonstrasi ada di Jakarta. Demonstrasi ini ada dalam berbagai bentuk. Melihat maraknya demonstrasi tersebut dapat digunakan sebagai indikator . . .

A. DPR kurang berfungsi/meningkatnya kesadaran rakyat
B. MPR tidak berfungsi meningkatnya partisipasi rakyat
C. BPD kurang berfungsi dan meningkatnya kesejahteraan
D. MA kurang berfungsi dan meningkatnya kesadaran rakyat

27. Implementasi nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan dapat Anda baca dalam statemen berikut ini, yaitu . . .

A. para sopir saling serobot tidak bisa antre di jalan
B. Tim sepakbola kalah, stadion dibakar
C. kalah dalam pilkada membuat kerusuhan
D. menghormati yang menang dan menghargai yang kalah

28. Pelaksanaan demokrasi berhubugnan erat dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat. Hal ini berarti . . .

A. makin miskin masyarakat makin pintar bersemokrasi
B. makin pintar masyarakat makin bisa berdemokrasi
C. makin sejahtera masyarakat makin bisa berdemokrasi
D. makin kaya masyarakat, kurang bisa berdemokrasi

29. Timbulnya gagasan Hak Azasi Manusia pada dasarnya akibat perkebangan aliran rasionalisme dan . . .

A. magna charta
B. dipengaruhi oleh gagasan hukum alam
C. Deklarasi Cairo
D. Declaration of Human Right

30. Dalam Universal Declaration of Human Right, setiap orang berhak untuk perdagangan dan . . .

A. mendapat jaminan sosial
B. berinteraksi secara baik
C. mendapat jaminan keamanan
D. mendapat pengakuan dan penghargaan

31. Setiap warga negara berhak untuk mendapat pekerjaan yang layak bagi kemanusiaan. Pernyataan ini mengandung makna implementasi nilai-nilai HAM dalam . . .
MKDU4111 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
A. perdagangan
B. perekonomian
C. sosial budaya
D. keamanan

32.Berikut ini adalah bentuk pelanggaran Hak Azasi Manusia dimasa Orde Baru yaitu . . .

A. Peristiwa RMS
B. Gerakan APRA
C. G/30s/PKI
D. Peristiwa Talangsari Bandar Lampung

33. Dihukumnya Gueteres, Abilio Soares dalam kasus pelanggaran HAM di Timtim, adalah salah satu bentuk . . .

A. penegakan HAM di Indonesia
B. promosi HAM di Indonesia
C. penghargaan HAM di Indonesia
D. pelayanan HAM di Indonesia

34. Pada dasarnya ada dua bentuk otonomi daerah yaitu otonomi asli dan otonomi artifisial atau diciptakan. Termasuk daerah otonomi asli yaitu . . .

A. Propinsi
B. Kabupaten
C. Kota Madya
D. Desa, Naari, Kuria

35. Pelaksanaan otonomi daerah pada hakikatnya penyelenggaraan pemerintahan secara mandiri dalam konteks NKRI. Nilai yang dibawa otonomi ini yaitu Pemberdayaan daerah, kemandirian dan . . .

A. kemakmuran
B. stabilitas daerah
C. demokrasi
D. kemaemukan

36. Salah satu hambatan pelaksanaan Otonomi Daerah di Indonesia yaitu . . .

A. Kuatnya aparatur birokrasi
B. Struktur permintaanyang berjenjang
C. Lemahnya konrol wakil rakyat
D. Sentralisasi pemerintahan

37. Good Governance menggambarkan perubahan peran pemerintah dari memberikan pelayanan pada masyarakat menjadi . . .

A. Fasilitator
B. Dinamisator
C. Inisiator
D. regulator

38. Capacity Building merupakan strategi untuk meningkatkan kinerja pemerintah supaya lebih efisien dan efektif serta . . .

A. Dapat dipercaya
B. Responsive
C. Mampu menjalankan tugas
D. memberikan pelayanan

39. Menurut Ivan S. Bloch, selama kurun waktu 3357 tahun terdapat 227 tahun damai dan 3130 tahun perang. Data ini bermakna bahwa . . .

A. Jika ingin damai maka siaplah untuk berperang
B. Umat manusia cenderung sukaberperang
C. perang merupakan kelajutan dari politik
D. Perang merupakan kehidupan normal

40. Sistem Pertahanan dan Keamanan Negara Indonesia di rancang atas dasar pertimbangan . . .

A. Untuk melakukan ekspansi ke negara tetangga
B. Bersaing dengan negara tetangga
C. Melakukan pertahanan dari setengah musuh
D. Perkirakan ancaman musuh ke depan

41. KOmponen utama kekuatan dalam sishankamrata . . .

A. TNI dan Cad. TNI
B. ratih (rakyat terlatih)
C. limas (perlindungan masyarakat)
D. hansip (pertahanan sipil)
MKDU4111 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
42. Pada tahun 1945 - 1947, upaya bela negara dipersepsikan sebagai . . .

A. membela kepentingan bangsa di luar negeri
B.mengabdi dengan baik pada bidang masing-masing
C. peran serta dalam perang kemerdekaan
D. membela nama bangsa dan olah raga

43. Wujud keikutsertaan warga negara dalam bela negara dapat dilakukan melalui: prajurit TNI, Pendidikan Kewarganegaraan, Latihan dasar kemeliteran dan . . .

A. latihan dasar kepemimpinan
B. jambore Pramuka
C. operasi abaskarajaya
D. pengabdian dalam profesi

44. Pernyattaan berikut ini merupakan konsep dari keamanan negara yaitu . . .

A. penghancuran musuh dikandang sendiri
B. menggagalkan upaya inviltrasi dan subversi
C. menghancurkan musuh dalam perjalanan
D. menghancurkan musuh dipintu masuk

45. Dwi fungsi ABRI yaitu fungsi ABRI selain sebagai kekuatan pertahanan dan keamanan juga mempunyai fungsi sebagai kekuatan . . . .

A. seni dan budaya
B. ekonomi - sosial
C.sosial dan budaya
D. sosial dan politik


No comments:

Post a Comment