Yth. Rekan-rekan peserta tuton, silakan menjawab tugas 3.
1. Jelaskan manfaat manajemen kualitas yang Anda ketahui.
2. Jelaskan mengenai pendekatan kualitas dan bahan baku.
3. Jelaskan mengenai pendekatan proses dan produk akhir.
4. Jelaskan mengenai Total Quality Management (TQM) dan
Total Quality
Control (TQC) yang Anda ketahui.
1. Manajemen
kualitas total adalah strategi manajemen yang ditujukan untuk menanamkan
kesadaran kualitas pada semua proses dalam organisasi. Sesuai dengan definisi
dari ISO (International Organization for Standarization), manajemen kualitas
total adalah pendekatan manajemen untuk suatu organisasi yang terpusat pada
kualitas, berdasarkan partisipasi semua anggotanya dan bertujuan untuk
kesuksesan jangka panjang melalui kepuasan pelanggan serta memberi keuntungan
untuk semua anggota dalam organisasi serta masyarakat.
2. Manajemen
kualitas melalui pendekatan kualitas, Untuk melaksanakan pengendalian didalam
suatu perusahaan maka manajemen perusahaan perlu menerapkan melalui apa
pengendalian kualitastersebut akan dilakukan. Hal ini disebabkan oleh faktor
yang menentukan atau berpengaruh terhadap baik dan tidaknya kualitas produk
perusahaan akan terdiri dari beberapa macam misal bahan bakunya, tenaga kerja,
mesin dan peralatan produksi yang digunakan, dimana faktor tersebut
akanmempunyai pengaruh yang berbeda, baik dalam jenis pengaruh yang ditimbulkan
maupun besarnya pengaruh yang ditimbulkan. Dengan demikianagar pengendalian
kualitas yang dilaksanakan dalam perusahaan tepat mengenai sasarannya serta
meminimalkan biaya pengendalian kualitas, perlu dipilih pendekatan yang tepat
bagi perusahaan.
Manajemen kualitas melalui pendekatan, Didalam perusahaan
umumnya baik dan buruknya kualitas bahanbaku mempunyai pengaruh cukup besar
terhadap kualitas produk akhir,bahkan beberapa jenis perusahaan pengaruh
kualitas bahan baku yang digunakan untuk pelaksanakan proses produksi
sedemikian besarsehungga kualitas produk akhir hampir seluruhnya ditentukan
olehbahan baku yang digunakan. Bagi beberapa perusahaan yangmemproduksi suatu
produk dimana karakteristik bahan baku akanmenjadi sangat penting di dalam
perusahaan tersebut. Dalampendekatan bahan baku, ada beberapa hal yang
sebaiknya dikerjakanmanajemen perusahaan agar bahan baku yang diterima dapat
dijagakualitasnya :
a). Seleksi Sumber Bahan Baku (Pemasok)
b). Pemeriksaaan dokumen pembelian
c). Pemeriksaan
Penerimaan Bahan.
3. Manajemen
kualitas melalui pendekatan proses, Pada beberapa perusahaaan proses produksi
akan lebih banyak menentukan kualitas produk akhir. Artinya di dalam perusahaan
ini meskipun bahan baku yang digunakan untuk keperluan proses produksi bukan
bahan baku dengan kualitas prima, namun apabila prosesproduksi diselenggarakan
dengan sebaik baiknya maka dapat diperolehproduk dengan kualitas yang baik
pula. Pengendalian kualitas produk yang dihasilkan perusahaan tersebut lebih
baik bila dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan proses produksi yang
disesuaikan dengan pelaksanaan proses produksi di dalam perusahaan. Padaumumnya
pelaksanaan pengendalian kualitas proses produksi di dalam perusahaan dipisahkan
menjadi 3 tahap:
a)Tahap Persiapan.
b)Tahap Pengendalian Proses.
c)Tahap Pemeriksaaan Akhir.
Manajemen kualitas melalui pendekatan produk akhir,
Pendekatan produk akhir merupakan upaya perusahaan untuk mempertahankan
kualitas produk yang dihasilkannya dengan melihat produk akhir yang menjadi
hasil dari perusahaan tersebut. Dalam pendekatan ini perlu dibicarakan langkah
yang diambil untuk dapat mempertahankan produk sesuai dengan standar kualitas
yang berlaku.Pelaksanaan pengendalian kualitas dengan pendekatan produk akhir
dapat dilakukan dengan cara memeriksa seluruh produk akhir yang akan dikirimkan
kepada para distributor atau toko pengecer. Dengan demikian apabila ada produk
yang cacat atau mempunyai kualitas dibawah standar yang ditetapkan maka
perusahaan dapat memisahkan produk ini dan tidak ikut dikirimkan kepada para
konsumen. Untuk masalah kerusakan produk perusahaan harus mengambil tindakan
yang tepat bagi peningkatan kualitas produk akhir sertakelang sungan hidup
perusahaan tersebut. Oleh sebab itu perusahaan harus mengumpulkan informasi
tentang berbagai macam keluhan konsumen.
4. Total Quality
Control (TQC) adalah suatu proses terkendali yang melibatkan orang,sistem serta
alat-alat dan teknik-teknik pendukung, dengan demikian TQC merupakan suatu agen
perubahan yang menyiapkan suatu organisasi untuk berorientasi pada kepentingan
pelanggan.
Total Quality Management (TQM) merupakan suatu pendekatan
yang berorientasi pada pelanggan dengan memperkenalkan perubahan manajemen
secara sistematik dan perbaikan terus menerus terhadap proses, produk, dan
pelayanan suatu organisasi. Proses Total Quality Management bermula dari
pelanggan dan berakhir pada pelanggan pula.
No comments:
Post a Comment